Tatap FIFA Matchday, PSSI Usahakan Pemain Naturalisasi Bisa Mentas 

Komunikasi sudah dijalin PSSI dengan klub

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, kini tengah mengusahakan agar para pemain naturalisasi bisa mentas bersama Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Ada empat nama yang tengah mereka upayakan bisa tampil.

Keempat nama itu adalah Elkan Baggott, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Karena ini FIFA Matchday, Amali optimistis keempatnya bisa turun gelanggang bersama Timnas Indonesia kelak.

"Kami sedang usahakan (mereka bisa tampil). Ini kan FIFA Matchday, tak ada laga klub di seluruh dunia. Dipastikan mereka, yaitu Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Sandy Walsh, dan Jordi Amat, bisa tampil," ujar Amali di Jakarta, Senin (13/3/2023).

1. Komunikasi dengan klub tengah diurus

Tatap FIFA Matchday, PSSI Usahakan Pemain Naturalisasi Bisa Mentas Instagram

Amali juga berujar, PSSI sudah berkomunikasi secara informal dengan klub-klub pemilik Elkan, Sandy, Jordi, dan Shayne. Untuk surat resminya, federasi akan segera mengirimkan ke klub-klub tersebut.

"Secara informal sudah (berkomuniasi). Tetapi untuk suratnya, akan segera diurus oleh Sekjen (Yunus Nusi)," ujar Amali,

Baca Juga: Profil Shayne Pattynama, Bek Naturalisasi Anyar Timnas Indonesia

2. Para pemain Timnas U-22 juga berpeluang tampil

Tatap FIFA Matchday, PSSI Usahakan Pemain Naturalisasi Bisa Mentas Timnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Selain para pemain naturalisasi, Amali berujar para pemain Timnas U-22 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2023, berpeluang tampil. Namun, mereka tetap akan berada di bawah asuhan Shin Tae Yong, karena tim yang turun berstatus senior.

"Tim yang akan diturunkan adalah racikannya Shin Tae Yong, yang senior. Di dalamnya, ya bisa saja yang pemain Timnas U-22 yang disiapkan Coach Indra untuk SEA Games 2023, tetapi dipimpin Shin Tae Yong," ujar Amali.

3. Bagaimana kondisi para pemain naturalisasi tersebut?

Tatap FIFA Matchday, PSSI Usahakan Pemain Naturalisasi Bisa Mentas Elkan Baggott ungkap ambisinya bareng Timnas Indonesia. (Instagram/@elkanbaggott).

Untuk kondisi para pemain naturalisasi ini, mereka berada dalam kondisi yang berbeda-beda. Jordi Amat sudah tampil rutin bersama Johor Darul Ta'zim di Liga Super Malaysia, dengan torehan 40 penampilan. Dia juga main full di setiap laganya.

Hal yang sama juga berlaku bagi Shayne. Dia rutin mentas bersama Viking FK dalam laga Kualifikasi Conference League bersama timnya, sebanyak 492 menit dalam enam laga.

Catatan berbeda ditorehkan Elkan dan Sandy. Elkan mulai banyak duduk di bangku cadangan usai hijrah ke Cheltenham Town. Kendati begitu, dia tetap berkontribusi dan mengantarkan Cheltenham ke fina County Cup.

Sedangkan Sandy, dia sudah tidak tampil dalam enam laga terakhir di liga bersama KV Mechelen. Dia terkena cedera panggul, dan belum diketahui apakah dia bisa membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday nanti atau tidak.

Baca Juga: Sempat Ikut TC Timnas Indonesia, Sandy Walsh Balik ke Klub

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya