Ten Hag Ball yang Mulai Terlihat di Manchester United

Ten Hag secara perlahan mengubah United

Jakarta, IDN Times - Laga-laga pramusim Manchester United jelang musim 2022/23 begitu menyenangkan. Dari tiga laga yang sudah mereka lakoni, pasukan Erik ten Hag ini selalu meraih hasil positif. Tidak cuma itu, mereka juga produktif.

Total, dari tiga laga pramusim yang sudah United lakoni, mereka berhasil meraih tiga kemenangan. Mereka sudah mencetak 11 gol, dan baru kemasukan dua gol saja. Sebuah catatan yang impresif tentunya bagi United.

Raihan-raihan positif yang didapat United ini, tentu tak lepas dari peran Ten Hag sebagai manajer. Perlahan-lahan, sosok asal Belanda itu sudah mulai menerapkan ide sepak bola yang dia inginkan di United.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian Eriksen

1. Para pemain yang redup, mulai bersinar kembali

Ten Hag Ball yang Mulai Terlihat di Manchester UnitedPara pemain Manchester United merayakan gol Jadon Sancho ke gawang Liverpool / Twitter @ManUtd

Musim lalu, beberapa pemain sempat meredup bersama United. Sebut saja Marcus Rashford dan Jadon Sancho, serta Anthony Martial yang sempat dipinjamkan ke Sevilla. Di masa pramusim ini, mereka tampak bangkit kembali.

Ketiganya menjelma jadi pemain yang produktif. Sancho sudah mencetak dua gol dari tiga laga, begitu juga Rashford. Martial lebih gila lagi. Dia sudah mencetak tiga gol dari tiga laga pramusim United. Mereka berkontribusi besar di lini depan.

Memang, tiga laga ini masih berstatus pramusim. Akan tetapi, ciamiknya performa para pemain yang sempat dianggap habis ini, membuktikan bahwa Ten Hag punya kualitas untuk menarik keluar potensi para pemain itu.

Baca Juga: 10 Fakta Jurrien Timber, Calon Rekrutan Pertama Erik Ten Haag di MU

2. Permainan kombinasi yang mulai rutin terlihat

Ten Hag Ball yang Mulai Terlihat di Manchester UnitedBruno Fernandes dan Anthony Martial merayakan gol ke gawang Liverpool / Twitter @ManUtd

Selama tiga laga pramusim ini, ada satu hal yang mulai rutin terlihat di United. Yap, mereka mulai rajin memeragakan sepak bola kombinasi. Umpan satu dua sentuhan, ditambah sprint-sprint pendek menuju ruang kosong, mulai jamak terlihat.

Dalam laga lawan Crystal Palace, permainan kombinasi Sancho dan Rashford langsung berbuah gol. Tidak cuma gol, kombinasi ini mencerminkan kesadaran pemain United akan ruang, sesuatu yang jarang terlihat musim lalu.

Para pemain United juga tampak lebih rajin sekarang. Mereka berani menekan lawan, bahkan ketika lawan menguasai bola di area sendiri. Tak ada lagi pemain yang malas-malasan dan hanya berjalan kaki, karena Ten Hag kerap berteriak dari pinggir lapangan.

Bahkan, dalam suatu momen di laga lawan Crystal Palace, Ten Hag kedapatan berteriak pada pemain yang dia anggap bermalas-malasan. Padahal, United dalam keadaan unggul 3-1.

Hal ini menandakan bahwa perlahan-lahan, revolusi berjalan di tubuh United. Rashford pun merasa, ada penyegaran yang dibawa Ten Hag ke dalam tim, baik itu berupa taktik maupun kepribadian dari Ten Hag sendiri sebagai manajer.

"Ide yang segar, taktik baru, dan kepribadian baru sukses dia (Ten Hag) bawa ke tim. Saya tidak sabar untuk bekerja bersamanya di liga. Banyak perkembangan yang terjadi, meski adaptasi harus tetap dilakukan," ujar Rashford, dilansir Daily Mail.

Baca Juga: Lisandro Martinez Bikin Kepincut Erik Ten Hag, Ini Alasannya!

3. Penyesuaian harus tetap dilakukan Ten Hag

Ten Hag Ball yang Mulai Terlihat di Manchester UnitedSesi latihan Manchester United di Thailand. (manutd.com)

Meski meraih beberapa hasil positif di pramusim, termasuk ketika bersua sesama tim Premier League, Ten Hag harus tetap melakukan penyesuaian ke depannya. Apalagi, belum ada nama Cristiano Ronaldo yang bergabung ke tim.

Masa depan Ronaldo sendiri masih buram hingga kini. Jika kelak dia memilih bertahan, Ten Hag harus kembali melakukan adaptasi. Selain itu, lini pertahanan juga masih kerap jadi masalah, karena gawang United sukses dibobol dua kali oleh lawan.

Intinya, Manchester United masih bisa berkembang lagi ke depannya. Ada tiga laga sisa pramusim yang bakal dilakoni 'Setan Merah', dan tiga laga ini bisa jadi momen untuk meyakinkan fans, bahwa Ten Hag Ball benar-benar sudah ada di United.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya