Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih Dulu

Debut Thom, Ragnar, dan Nathan berpotensi beda-beda

Jakarta, IDN Times - Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On dijadwalkan menjalani debut di tanggal berbeda untuk Timnas Indonesia. Hal itu berdasarkan proses naturalisasi yang mereka jalani.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut Thom dan Ragnar diproyeksikan untuk mentas lawan Vietnam pada 26 Maret 2024 di Hanoi. Namun, semua tergantung proses naturalisasi dari keduanya.

"Tergantung nanti, proses daripada kan ini harus KTP, paspor, pendaftaran, ini masih ada proses bukan berarti selesai. Ya kita coba untuk Thom dan Ragnar bisa bergabung lawan Vietnam di tanggal 26 Maret," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (14/3/2024).

1. Nathan diprediksi bisa debut di SUGBK

Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih DuluNathan Tjoe-A-On sah menjadi WNI. (Instagram/@nathantjoeaon).

Sedangkan untuk Nathan, dia diprediksi bisa memperkuat Timnas Indonesia lebih cepat. Malah, penggawa Heerenveen itu bisa debut bersama Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Kalau Nathan itu dengan proses sudah dijalankan itu mudah-mudahan tanggal 21 Maret sudah bisa bermain, karena dia paspor dan KTP-nya sudah keluar kemarin," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Rencanakan Thom dan Ragnar Ambil Sumpah Pekan Depan

2. Erick jabarkan alasan naturalisasi Nathan lebih cepat

Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih DuluKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino)

Erick mengungkapkan, kenapa proses naturalisasi Nathan lebih cepat, karena memang dia tinggal melakoni pengambilan sumpah. Keppres-nya sudah terbit bersamaan dengan Keppres Jay. Hanya saja, dia belum sempat ke Indonesia untuk diambil sumpah.

"Kalau Nathan kan prosesnya sudah, jadi kemarin datang cuma angkat sumpah. Kalau untuk Thom dan Ragnar karena ada surat-surat yang menyusul kemarin karena dalam naturalisasi ini kan perlu kelengkapan surat," kata Erick.

3. Thom dan Ragnar ditargetkan ambil sumpah pekan depan

Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih DuluThom Haye dalam sebuat pertandingan SC Heerenveen di Eredivisie musim 2022/23. (Instagram.com/thomhaye)

Lebih lanjut, Erick menargetkan Thom dan Ragnar akan diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pekan depan. Dia juga berharap, Keppres untuk keduanya bisa terbit setidaknya dua hari mendatang.

"Untuk Thom dan Ragnar, kemungkinan minggu depan untuk pengambilan sumpahnya (sebagai WNI). Semoga satu dua hari ini bapak Presiden bisa mengeluarkan suratnya (Keppres)," ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya