Tim ASEAN Mulai Ciamik, Erick: Indonesia Harus Naik Level

Tim-tim ASEAN berbicara di Kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Tim-tim ASEAN (Asia Tenggara), termasuk Indonesia, menunjukkan taji di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung pada Kamis (21/3/2024). Hal ini jadi perhatian dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Thailand, Singapura, dan Myanmar meraih hasil apik saat bersua lawan-lawan mereka. Tidak tanggung-tanggung, mereka sukses menahan tim-tim tangguh Asia. Erick mengaku, hal itu harus memacu Indonesia untuk naik level.

"Saya lihat negara-negara ASEAN sudah mulai meninggikan standar sepak bolanya. Kita lihat Korsel kemarin seri sama Thailand, Singapura seri sama China. Artinya kalau kita juga hanya senang sampai hari ini, ya kita nggak akan berkembang," kata Erick di Stadion Madya, Jumat (22/3/2024).

1. Indonesia harus berani main keras

Tim ASEAN Mulai Ciamik, Erick: Indonesia Harus Naik LevelSelebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (the-afc.com).

Dalam upaya awal untuk menaikkan level itu, Erick menyebut Indonesia harus berani main keras. Dia mencontohkan, laga lawan Vietnam dan juga laga Timnas U-20 lawan China, jadi cermin bahwa main ngotot itu terkadang perlu.

"Kita harus terus berbenah diri. Artinya, mereka juga secara fisik keras. Kita lihat kemarin Vietnam keras, hari ini China keras. Ya kalau kita juga pemain kita tidak berani main keras, kita akan tidak mendapatkan permainan yang sepadan gitu," kata Erick.

Baca Juga: Pesan Erick ke Timnas Indonesia: Di Vietnam, Berani Main Keras

2. Pesan Erick untuk laga kedua di Hanoi lawan Vietnam

Tim ASEAN Mulai Ciamik, Erick: Indonesia Harus Naik LevelKetum PSSI, Erick Thohir di Gelora Bung Karno. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick pun berpesan, dalam laga lawan Vietnam di Hanoi tanggal 26 Maret 2024 nanti, para pemain Timnas Indonesia harus berani main keras. Sebab, ada jaminan bahwa Vietnam akan memeragakan permainan keras, karena main di kandang.

"Tetapi itu yang saya sampaikan kemarin di loker pemain, untuk bermain nanti di Vietnam mereka akan pasti keras, lebih keras dari yang kemarin (saat main di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK))," ujar Erick.

Baca Juga: Imbang Lawan China, Erick Minta Timnas U-20 Lebih Kompak

3. Merekam ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tim ASEAN Mulai Ciamik, Erick: Indonesia Harus Naik LevelThailand di Piala Asia 2023. (Dok. AFC)

Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024) lalu, beberapa tim ASEAN meraih hasil apik. Thailand menahan imbang Korea Selatan di Seoul, lalu ada Myanmar yang menahan imbang Suriah di kandang.

Singapura lebih ciamik. Mereka mengimbangi China setelah sempat tertinggal 0-2 di babak pertama. Terakhir, ada Timnas Indonesia yang mengalahkan Vietnam di SUGBK. ASEAN memang sudah mulai naik level.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya