Timnas Ciamik, Keberhasilan Program Naturalisasi PSSI

Naturalisasi PSSI berhasil

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tampil luar biasa dalam laga babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024). Bersua Vietnam, di My Dinh National Stadium, skuad Garuda menang telak dengan skor 3-0.

Pengamat sepak bola Indonesia Mohamad Kusnaeni mengatakan, kemenangan ini tak lepas dari peran ketua Umum PSSI Erick Thohir yang komitmen dalam membangun Timnas Indonesia dengan cekatan menyiapkan pemain naturalisasi.

"Saya mengapresiasi konsistensi sikap Ketua Umum PSSI dan komitmennya dalam membangun Timnas. Keseriusan Ketum merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan pelatih berperan besar di balik peningkatan performa Timnas," ujar Bung Kus, sapaan akrab Kusnaeni, Selasa (26/3/2024).

1. PSSI harus memanfaatkan momentum

Timnas Ciamik, Keberhasilan Program Naturalisasi PSSISelebrasi Ragnar Oratmangoen usai cetak gol debut bersama Timnas Indonesia, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Bung Kus berujar, peningkatan performa Timnas membuat gairah persepak bolaan Indonesia meningkat. Momentum ini harus dimanfaatkan PSSI untuk mengimbanginya dengan peningkatan di sektor pembinaan, khususnya sepak bola usia muda.

"Gairah sepak bola di tanah air kini sangat besar. Ini akan lebih memudahkan langkah PSSI dalam menata pembinaan secara menyeluruh. Jangan lewatkan kesempatan ini," ujar Bung Kus.

Baca Juga: 3 Catatan dari Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam di Hanoi

2. Timnas harus memanfaatkan dua laga sisa kualifikasi

Timnas Ciamik, Keberhasilan Program Naturalisasi PSSIAksi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, coba melewati pemain Vietnam. (Dok. PSSI)

Bung Kus berujar, sekarang Timnas Indonesia harus memanfaatkan dua laga sisa di kualifikasi, lawan Irak dan Filipina. Sasaran paling realistis tentunya dengan mengalahkan Filipina yang sudah pasti tersingkir.

"Tapi akan luar biasa jika di kandang kita juga bisa meraih poin saat menghadapi Irak. Dan, dengan perkembangan permainan Timnas saat ini, merebut poin dari Irak bukan hal yang mustahil," ujar Bung Kus.

3. Timnas Indonesia akan bersua Irak dan Filipina

Timnas Ciamik, Keberhasilan Program Naturalisasi PSSIPotret kesebelasan pertama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Timnas Indonesia masih akan melanjutkan perjalanan mereka di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada Juni 2024, mereka akan menjamu Irak dan Filipina di tanah air.

Andai meraih kemenangan lawan Filipina atau Irak di laga selanjutnya, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tidak cuma lolos ke babak ketiga, mereka juga dipastikan mengunci satu slot di Piala Asia 2027.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berpeluang Naik ke Peringkat 135 FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya