Timnas Indonesia Berpotensi Naik Tingkat di Ranking FIFA

Syaratnya, Indonesia kudu menang lawan Nepal

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berpeluang mengalami peningkatan dalam peringkat FIFA. Kemungkinan itu muncul, jika skuad Garuda bisa meraih kemenangan atas Nepal dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia akan bersua Nepal pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, di Jaber Al Ahmad International Stadium. Kemenangan di laga ini diperlukan, agar skuad Garuda bisa memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023.

Namun, tidak cuma spot di Piala Asia 2023, kemenangan juga akan membuat peringkat Indonesia di FIFA meningkat. Setidaknya, Indonesia bisa mendapatkan 11,36 poin.

1. Timnas Indonesia bisa naik ke peringkat 156

Timnas Indonesia Berpotensi Naik Tingkat di Ranking FIFATimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Dengan kemenangan atas Nepal, Indonesia bisa naik ke peringkat 156 FIFA. Mereka akan menggeser Taiwan dan Maladewa yang ada di atas mereka, dengan raihan 1.019,04 poin.

Khusus Maladewa, sejatinya juga akan melakoni laga Kualifikasi Piala Asia 2023. Akan tetapi, meski meraih kemenangan, Maladewa tidak akan bisa menyusul raihan poin Indonesia, jika menang atas Nepal.

Baca Juga: Filipina Dibantai, Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 Terbuka

2. Indonesia pernah bersua Nepal pada 2014

Timnas Indonesia Berpotensi Naik Tingkat di Ranking FIFATimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Pada April 2014, Indonesia dan Nepal pernah bertemu di laga persahabatan yang dihelat di Stadion Gajayana. Ketika itu, skuad Indonesia masih diperkuat oleh pemain-pemain senior seperti Hendro Siswanto, Samsul Arif, hingga Hariono.

Di laga tersebut, Indonesia sukses meraih kemenangan atas Nepal dengan skor 2-0, lewat gol-gol dari Samsul Arif dan Hendro Siswanto. Ini jadi satu-satunya pertemuan Nepal dan Indonesia dalam rentang waktu tujuh tahun terakhir.

3. Syarat agar Indonesia bisa ke putaran final Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Berpotensi Naik Tingkat di Ranking FIFATimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023, Indonesia minimal harus meraih kemenangan atas Nepal, berapa pun jumlahnya. Hal itu setidaknya membuat Indonesia bersaing dengan runner-up grup lain.

Indonesia masih bisa lolos sebagai juara grup dan lolos langsung ke Piala Asia 2023. Namun, syaratnya cukup berat. Timnas Indonesia minimal harus menang atas Nepal dengan selisih empat gol.

Namun, di sisi lain, Kuwait harus bisa mengalahkan Yordania dengan selisih tidak lebih dari satu gol. Sebab, dengan begitu Indonesia unggul selisih gol atas dua tim langsung, yakni Yordania dan Kuwait, dan finis sebagai juara grup.

Di sisi lain, Indonesia juga bisa lolos sebagai runner-up terbaik, dan jalur ini lebih mudah dibandingkan dengan menjadi juara grup. Mereka hanya perlu bersaing dengan tim-tim lain di grup lain.

Namun tetap, ada syarat yang harus dipenuhi Indonesia. Agar lolos, mereka harus menang dengan minimal selisih satu gol, sedangkan Kuwait imbang atau kalah. Keuntungan sudah didapat ketika Filipina keok dengan skor telak, 0-4 dari Palestina. Pun, Indonesia harus berharap Malaysia imbang atau kalah di laga terakhir.

Jika imbang lawan Nepal, Indonesia juga tetap bisa lolos. Syaratnya, Kuwait imbang atau kalah lawan Yordania, sedangkan Malaysia kalah di laga terakhir. Intinya, kemenangan memang jadi harga mati bagi Garuda.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia yang Disiapkan Shin Tae Yong Kontra Nepal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya