Timnas Indonesia Gilas Vietnam di Hanoi

Skuad Garuda bukukan tiga gol

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bersua Vietnam di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam WIB, skuad Garuda menang 3-0.

Tiga gol Indonesia di laga ini dicetak Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (24'), dan Ramadhan Sananta (90+8'). Setelah 2004, akhirnya Indonesia bisa menang lagi di My Dinh National Stadium.

Di awal babak pertama, Vietnam sebagai tuan rumah justru kalah dominan dari Indonesia sebagai tim tamu. Kehadiran Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di lini tengah, memberikan warna baru bagi permainan Indonesia.

Indonesia mampu memeragakan permainan efektif di laga ini. Mereka memang tidak banyak menguasai bola, tetapi mereka sukses melepaskan beberapa serangan berbahaya. Gol cepat pun sukses mereka cetak pada menit sembilan.

Berawal dari sepak pojok Thom, Jay Idzes yang masuk kotak penalti sukses mencetak gol lewat sundulannya. Skor berubah 1-0. Keunggulan ini membuat Indonesia lebih nyaman dalam bermain.

Tertinggal satu angka, Vietnam berupaya untuk mengejar. Mereka coba balik menekan Indonesia dengan mengandalkan serangan-serangan cepat, mengandalkan kecepatan Vu Van Thanh dan Nguyen Tien Linh.

Namun, justru Indonesia yang makin bermain nyaman di laga ini. Memasuki pertengahan babak pertama, skuad Garuda mampu mengendalikan laga dengan baik. Kehadiran Thom, berduet dengan Marselino Ferdinan di tengah, memberi rasa aman.

Indonesia pun akhirnya mampu mencetak gol kedua pada menit 24. Berawal dari manuver Thom, Nathan Tjoe-A-On membawa bola ke pertahanan Vietnam. Dia melepaskan umpan yang mampu dimanfaatkan Ragnar untuk mencetak gol. Skor berubah 2-0.

Di sisa waktu babak pertama, Vietnam makin agresif dalam menyerang. Mereka mulai berani melepaskan beberapa tembakan, meski pada akhirnya sepakan-sepakan itu tidak mengarah ke gawang. Mereka juga sampai memasukkan Nguyen Dinh Bac.

Sampai babak pertama tuntas, skor 2-0 untuk Timnas Indonesia tidak berubah. Mereka tetap unggul atas Vietnam, dan menutup babak pertama dengan manis.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa perubahan. Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri dimasukkan untuk menjaga stabilitas permainan. Sedangkan Vietnam, mereka memasukkan Pham Thanh Long Le dan Nguyen Van Toan.

Beberapa perubahan ini menjadikan intensitas laga terjaga. Vietnam meningkatkan tekanan di babak kedua ini. Hadirnya Van Toan dan Long Le membuat sisi sayap Vietnam lebih hidup. Namun, mereka menemui kebuntuan.

Kebuntuan ini tak lepas dari minimnya kombinasi di lini serang Vietnam. Mereka coba memeragakan umpan-umpan pendek, tetapi umpan-umpan ini pada akhirnya tidak terkoneksi dengan baik. Hal itu berpengaruh pada serangan mereka.

Di sisi lain, Indonesia memang tidak terlalu dominan. Mereka bermain pasif hingga pertengahan babak kedua. Meski begitu, pertahanan mereka yang dikawal Jay Idzes dan Rizky Ridho menyajikan rasa aman bagi Ernando Ari di bawah mistar.

Pertahanan Indonesia begitu rapat. Sadar bahwa kombinasi serangan Vietnam berbahaya, mereka tidak terpancing oleh pergerakan bola dan fokus pada pergerakan pemain. Kesadaran ini tak lepas dari hadirnya Jay Idzes.

Dengan pertahanan yang rapat dan aman, Indonesia mampu melancarkan beberapa serangan balik ciamik. Apalagi, sekarang mereka memiliki Ragnar. Kemampuan dribel dari penggawa Fortuna Sittard ini menjanjikan.

Jelang babak kedua tuntas, Indonesia bahkan mampu menambah gol Vietnam. Pada menit 90+8, Ramadhan Sananta sukses menceploskan bola ke gawang, usai memanfaatkan situasi kemelut. Skor berubah 3-0, dan skor ini bertahan hingga babak kedua tuntas.

Baca Juga: Indonesia Unggul 2 Gol Atas Vietnam di Babak I

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya