Timnas Indonesia Pecahkan Catatan Buruk 20 Tahun di Hanoi

Gilas Vietnam di Hanoi 3-0

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bersua Vietnam di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam WIB, skuad Garuda menang 3-0.

Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta jadi pencetak gol Indonesia di laga ini. Buah dari kemenangan ini, catatan buruk Indonesia di My Dinh selama 20 tahun terakhir pun pupus.

Sebelum bersua pada Kamis (26/3/2024) malam WIB, Indonesia tak pernah menang dalam enam kunjungan terakhir mereka ke My Dinh. Terakhir kali Indonesia menang di sini terjadi pada Piala AFF 2004 silam, ketika mereka menang 3-0.

Media asal Vietnam VN Express menjabarkan catatan Indonesia setiap berkunjung ke My Dinh National Stadium. Mereka menyebut bahwa dalam enam kunjungan terakhir ke sini, Indonesia tak pernah menang.

"Terakhir kali, Timnas Indonesia menang di My Dinh National Stadium pada fase grup Piala AFF 2004. Setelah itu, Indonesia sudah berkunjung ke sini enam kali, dengan catatan empat hasil imbang dan dua kekalahan," tulis media tersebut.

Khusus di ajang resmi, terakhir kali Indonesia senior berlaga di sini pada semifinal Piala AFF 2016 dan Piala AFF 2022. Pada semifinal Piala AFF 2016, mereka hanya mampu meraih hasil imbang 2-2 di stadion ini.

Meski begitu, kala itu hasil imbang ini cukup membawa Indonesia ke final, lantaran mereka menang 2-1 di Pakansari. Lanjut di Piala AFF 2022, Indonesia kalah 0-2 dari Vietnam di sini.

Bedanya dengan 2016, kekalahan ini gagal membawa Indonesia melaju ke final. Sebab, pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), kedua tim bermain imbang 0-0.

Sekarang, berkat kemenangan pada Selasa (26/3/2024), catatan buruk Timnas Indonesia di My Dinh National Stadium pada 20 tahun terakhir pun tuntas. Skuad Garuda akhirnya bisa menang di Hanoi lagi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gilas Vietnam di Hanoi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya