Comscore Tracker

Timnas Indonesia Siap Jaga Kesempurnaan Lawan Taiwan

Indonesia pernah menang 10-1 lawan Taiwan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di Kualifikasi Piala Asia 2023. Sudah ada Taiwan yang menanti di Buriram, Thailand, pada 7 dan 11 Oktober 2021 mendatang. Kemenangan jadi harga mati bagi skuad Garuda jika ingin melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Untungnya, Indonesia bertabur catatan impresif ketika bersua Taiwan. Hal ini dapat menjadi bekal bagi Indonesia jelang laga nanti, apalagi secara peringkat FIFA, Indonesia yang berada di peringkat 175, tertinggal jauh dari Taiwan (151).

1. Indonesia pernah membenamkan Taiwan dengan skor 10-1

Timnas Indonesia Siap Jaga Kesempurnaan Lawan TaiwanTimnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (twitter/PSSI)

Dalam 12 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Indonesia mencatatkan keunggulan atas Taiwan. Rinciannya, Indonesia menang delapan kali dan hanya kalah sebanyak empat kali. Mereka juga sukses mencetak 28 gol ke gawang Taiwan dari 12 laga tersebut.

Salah satu kemenangan Indonesia yang berkesan terjadi pada Turnamen Merdeka 1968. Dalam laga yang dihelat di Kuala Lumpur tersebut, Indonesia memetik kemenangan 10-1 atas Taiwan. Hasil ini pun jadi kemenangan terbesar Indonesia atas Taiwan.

Teranyar, pada 2010, Indonesia juga pernah menundukkan Taiwan dengan skor 2-0. Dalam laga yang digelar di Stadion Jakabaring tersebut, Indonesia yang masih diasuh Alfred Riedl menang lewat gol dari Cristian Gonzales dan Firman Utina.

Baca Juga: 4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan Timnas

2. Buruknya catatan Taiwan di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Siap Jaga Kesempurnaan Lawan TaiwanTimnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2 sekalgus meraih poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Sama seperti Indonesia, catatan Taiwan di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga tidak terlalu baik. Dari delapan laga di Grup B, Taiwan gagal mendulang kemenangan. Mereka kesulitan bersaing dengan Nepal, Kuwait, Yordania, dan Australia.

Bahkan, pada pertemuan di 7 Juni 2021, Taiwan tumbang di tangan Australia dengan skor 1-5. Mereka hanya mencetak empat gol sepanjang kualifikasi, dan kebobolan 34 kali, paling banyak di antara tim lain di Grup B. Mereka bahkan kalah dari Nepal yang sanggup mengemas enam poin.

3. Indonesia harus tetap mewaspadai Taiwan

Timnas Indonesia Siap Jaga Kesempurnaan Lawan TaiwanTimnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Meski memiliki catatan pertemuan yang apik, Indonesia harus tetap mewaspadai Taiwan. Tidak jauh beda dengan Indonesia, skuad Taiwan juga berisikan pemain-pemain muda potensial. Mereka juga memiliki pemain keturunan bernama Emilio Estevez yang main di Spanyol bersama Ourense FC.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menyebut sudah mempersiapkan strategi khusus jelang lawan Taiwan. Anak-anak asuhnya berada dalam kondisi baik dan terus menunjukkan perkembangan positif. Dia optimistis Indonesia dapat meraih hasil positif.

"Kami terus mematangkan permainan pada latihan malam ini. Para pemain kami berikan formula bagaimana taktik dan strategi meredam Taiwan. Kami yakin, Timnas Indonesia bakal meraih hasil positif lawan Taiwan," ujar Shin.

Baca Juga: 2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas Indonesia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya