Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi Taiwan

Peringkat FIFA Taiwan di atas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengaku tidak gentar menghadapi Taiwan. Kendati peringkat Taiwan dalam klasemen FIFA berada di atas Indonesia, menurutnya, di lapangan segala sesuatu masih bisa terjadi. Semua tergantung dari baik atau tidaknya persiapan yang dilakukan.

"Memang kalau dilihat dari rangking FIFA, Taiwan ada di atas kami. Tetapi kalau menyiapkan tim dengan lebih baik, maka kami juga bisa tampil bagus di laga nanti," ujar Shin di Lapangan G Gelora Bung Karno, Sabtu (2/10/2021).

1. Shin fokus memadukan permainan anak asuhnya

Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi TaiwanTC Timnas Indonesia di Senayan. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Saat ini, selain menganalisis kekuatan Taiwan, Shin tengah fokus memadukan permainan anak asuhnya. Dengan waktu pemusatan latihan yang singkat, Shin tidak khawatir dan percaya, dalam beberapa hari ke depan, permainan anak asuhnya akan kompak dan harmonis.

Soal kondisi fisik, Shin tidak khawatir, karena para pemain juga aktif berkompetisi. Berbekal kondisi fisik yang lebih baik, dia akan fokus kepada taktik dan skema begitu tim sampai di Thailand.

"Jadi dengan performa seperti itu saya akan membawa mereka ke Thailand. Dengan adanya pertemuan dan latihan, selama tiga hingga empat hari mungkin cukup buat mereka menerapkan filosofi permainan kami," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Siapkan 30 Pemain Lawan Taiwan

2. Pemain sudah memahami apa yang diinginkan Shin

Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi TaiwanTC Timnas Indonesia di Senayan. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Penggawa Timnas Indonesia, Fachruddin Ariyanto, mengaku para pemain kini sudah memahami apa yang diinginkan Shin. Banyak diskusi yang dilakukan Shin dan pemain, terutama soal kekuatan Taiwan dan skema apa yang bakal diterapkan Indonesia nantinya.

"Kami sudah melakukan persiapan sedikit dengan coach Shin Tae Yong. Ada sedikit taktik ya, jadi pemahaman apa yang diinginkan oleh coach Shin. Karena saya juga baru, jadi agak sedikit tahu lah apa yang diinginkan coach Shin untuk nanti lawan Taiwan," tutur Fachruddin.

Fachruddin menyebut, kondisi fisik dari para pemain juga saat ini jauh lebih baik. Seiring bergulirnya Liga 1, para pemain mulai banyak merasakan atmosfer laga kompetitif. Dia juga senang karena banyak pemain muda yang dipanggil Shin masuk Timnas.

"Ya bagus, banyak regenerasi pemain muda, itu yang coach Shin senang. Setiap pelatih punya karakter sendiri. Coach Shin mungkin tahu dengan pemain-pemain ini. Hal ini juga bagus utk persiapan Piala AFF 2020," ujar Fachruddin.

3. Indonesia menghadapi Taiwan di Thailand

Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi TaiwanInstagram.com/timnas.indonesia

Pemusatan latihan yang digelar Timnas Indonesia kali ini bertujuan untuk menyambut gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023. Sesuai jadwal, skuad Garuda bakal menghadapi Taiwan pada tanggal 7 dan 11 Oktober di Buriram, Thailand.

Untuk pemain Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri, rencananya mereka akan bergabung ke skuad pada tanggal 3 dan 4 Oktober mendatang. Mereka akan langsung datang ke Thailand.

Baca Juga: Zahra Muzdalifah, Alex Morgan Versi Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya