Timnas U-16 Dikerucutkan Jadi 36 Pemain Pada April 2024

Timnas U-16 akan latihan kembali pada April

Jakarta, IDN Times - Seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-16 tuntas terlaksana pada Selasa (27/2/2024). Seleksi berlangsung dalam tiga gelombang, dan jadi ajang bagi pelatih Timnas U-16, Nova Arianto, untuk memilih.

Total, sudah ada 98 pemain yang ikut seleksi tahap pertama Timnas U-16 dalam tiga gelombang. Nova menyatakan mau mengerucutkan jumlah pemain yang ada jadi 36 pemain dalam pemusatan latihan (TC) April 2024 mendatang.

"Kalau kuota tidak ada, jadi siapa pun yang terbaik kami akan buat ranking nanti di Maret dan April juga akan ada TC. Total, akan ada 36 pemain yang akan kami panggil nanti," ujar Nova di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

1. Beda kualitas antara pemain di tiga gelombang

Timnas U-16 Dikerucutkan Jadi 36 Pemain Pada April 2024Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (Dok. PSSI)

Nova mengakui, ada beda kualitas di antara para pemain dalam tiga gelombang seleksi tahap pertama Timnas U-16 ini. Sejatinya, kualitas memang hampir merata, tetapi para pemain di gelombang dua punya kualitas individu lebih baik.

"Perbedaan antara gelombang satu hingga tiga, gelombang dua lebih punya kualitas individu lebih baik, walaupun di gelombang tiga juga banyak yang baik, saya melihat para pemain di gelombang dua lebih mencolok," kata Nova.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pakai Skuad Piala Asia Demi Hadapi Vietnam

2. Masih juga akan menunggu para pemain dari EPA dan diaspora

Timnas U-16 Dikerucutkan Jadi 36 Pemain Pada April 2024Seleksi Timnas U-16 bersama Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain mengecek hasil seleksi, Nova berujar akan memantau juga para pemain dari Elite Pro Academy dan diaspora. Rencananya, para pemain ini baru akan bergabung ke TC Timnas U-16 pada April 2024 kelak.

"Kami masih lihat banyak parameter yang diambil di sini dalam memilih pemain. Jadi, kami akan lihat dulu berdasarkan beberapa parameter yang diambil. Nanti, kami buat ranking di sana baru diputuskan siapa yang bisa masuk," ujar Nova.

3. Seperti apa kriteria pemain Timnas U-16 yang dicari

Timnas U-16 Dikerucutkan Jadi 36 Pemain Pada April 2024Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nova mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang ditentukan dalam mencari pemain Timnas U-16. Salah satunya adalah tinggi badan. Selain itu, dia mementingkan postur tubuh, terutama untuk kiper, bek, dan penyerang.

"Kriteria yang pasti tinggi badan ya. Karena sekali lagi, kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," jelas Nova.

Timnas U-16 pun sudah dinanti beberapa ajang besar di 2024. Selain Piala AFF U-16 yang berpotensi dihelat di Indonesia, skuad Garuda Muda sudah ditunggu juga oleh ajang Kualifikasi Piala Asia U-17. Tugas Nova Arianto tidaklah mudah.

Baca Juga: Fondasi yang Coba Nova Terapkan di Timnas U-16: Komunikasi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya