Timnas U-16 Gelar Seleksi Tahap Kedua, Fokus di Tes Fisik

Seleksi tahap kedua Timnas U-16 dimulai

Jakarta, IDN Times - Seleksi Timnas Indonesia U-16 memasuki tahap kedua pada Kamis (28/3/2024) malam WIB. Seleksi Timnas U-16 ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang dihelat Februari hingga Maret 2024.

Bertempat di Jakarta International Stadium (JIS), ada 36 pemain yang mengikuti seleksi tahap kedua ini. Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto berujar, para pemain ini berasal dari Elite Pro Academy (EPA) dan juga seleksi Asosiasi Provinsi (Asprov).

"Sumber pemainnya dari pemain-pemain EPA yang lolos di semifinal, ada seleksi Asprov yang kemarin kita lakukan jadi ada beberapa pemain yang mungkin luput dari EPA, Topskor, atau Soeratin yang bisa kita dapat dari Asprov," kata Nova di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

1. Fisik para pemain digembleng lewat beeptest

Timnas U-16 Gelar Seleksi Tahap Kedua, Fokus di Tes FisikTC Timnas U-20 di Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam seleksi pada Kamis (28/3/2024) ini, para pemain digembleng lewat serangkaian tes fisik. Dari hasil tes tersebut, Nova menilai bahwa kondisi fisik para pemain ini masih belum maksimal.

"Masih sama seperti di saat tahap pertama ya, kita masih fokus tes fisik, karena saya lihat beberapa pemain masih belum maksimal kondisi fisiknya dan itu yang menjadi catatan kami agar nanti saat TC itu jadi konsen kita ke depan," kata Nova.

Baca Juga: 27 Pemain Disiapkan Ikut TC di Dubai Jelang Piala Asia U-23

2. Nova juga soroti mentalitas para pemain

Timnas U-16 Gelar Seleksi Tahap Kedua, Fokus di Tes FisikPelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Nova juga menyoroti mentalitas para pemain Timnas U-16. Dia kesal dengan para pemain yang menurutnya tidak mau memaksakan diri saat sudah capek. Itu pertanda mereka tidak mau mendorong diri mereka sampai batas maksimnal.

"Saya lihat tadi di tes ada sekitar enam pemain yang sebenarnya ada tiga kali kesempatan mereka belum berhenti, tapi dia berhenti saat merasa capek dan itu tidak bisa saya terima karena sekali lagi Timnas harus berbeda dengan di klub," kata Nova.

3. Timnas U-16 akan dikerucutkan menjadi 36 pemain

Timnas U-16 Gelar Seleksi Tahap Kedua, Fokus di Tes FisikNova Arianto melatih Timnas U-16. (Dok. PSSI)

Nova berujar, seleksi tahap kedua ini akan tuntas pada 31 Maret 2024 mendatang. Nantinya, akan ada pengerucutan menjadi 36 pemain untuk TC di April 2024, dengan fokus tetap pada fisik.

"Seleksi tahap kedua terakhir 31 Maret 2024, setelah itu kami akan ambil 36 pemain dari gelombang satu sampai empat, untuk ikut TC Timnas U-16 di 15 atau 16 April 2024, dengan fokus meningkatkan fisik dasar pemain," ujar Nova.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Juni

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya