Timnas U-19 Gagal ke Semifinal, PSSI Jamin Posisi STY Aman

STY dianggap bawa perubahan positif di Piala AFF U-19 2022

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan bahwa posisi Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas U-19 Indonesia aman. Kendati gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022, Iriawan melihat STY memberi efek positif bagi skuad Garuda Nusantara.

"STY terus (jadi pelatih Timnas U-19). Dia tetap karena kami melihat di bawah asuhannya, perkembangan anak-anak luar biasa di ajang ini (Piala AFF U-19 2022)," ujar Iriawan saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022) malam.

1. STY sukses bentuk chemistry di Timnas U-19

Timnas U-19 Gagal ke Semifinal, PSSI Jamin Posisi STY AmanShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dengan tangan dinginnya, STY mengubah banyak hal di tubuh Timnas U-19. Selain membuat kualitas para pemain membaik, dia juga membuat chemistry tercipta di antara para pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu juga disebut dekat dengan anak-anak asuhnya.

"Kemarin (lawan Filipina) pun di luar dugaan pemain cadangan dimainkan ternyata hampir sama dengan pemain inti. Berarti STY mempunyai talenta luar biasa sebagai pelatih. Ana-anak juga punya chemistry dengannya," ujar Iriawan.

Baca Juga: Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 Hari

2. Kekuatan Timnas U-19 diakui Myanmar

Timnas U-19 Gagal ke Semifinal, PSSI Jamin Posisi STY AmanAksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Pelatih Myanmar, Soe Myat Min, mengakui kualitas dari skuad Timnas U-19 ini. Dia mengaku, anak-anak asuhnya dibuat kesulitan permainan skuad Garuda Nusantara dalam laga pamungkas fase grup, Minggu (10/7/2022) malam.

"Selamat bagi Indonesia yang menang, mereka sangat kuat dan bagus, para pemain kami sudah melakukan yang terbaik, tetapi kami gagal menang. Saya harap tim Indonesia sukses di masa depan, karena mereka berisikan pemain yang berbakat," ujar Soe.

3. Timnas U-19 bersiap ke ajang selanjutnya

Timnas U-19 Gagal ke Semifinal, PSSI Jamin Posisi STY AmanPemain Timnas U-19 Indonesia saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza).

Selepas Piala AFF U-19, ada ajang lain yang sudah menanti Ronaldo Kwateh dan kolega. Ajang itu adalah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang akan dihelat pada 10-18 September 2022 mendatang.

Indonesia didapuk AFC sebagai salah satu tuan rumah ajang ini. Timnas U-19 tergabung di Grup F, bersama Hong Kong, Timor Leste, dan salah satu tim yang jadi perbincangan di Piala AFF U-19 2022 ini, yaitu Vietnam.

Baca Juga: Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan Ini

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya