Timnas U-20 Main Imbang Lagi Lawan China

Timnas U-20 tetap berupaya mencari celah hingga menit akhir

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 kembali meraih hasil imbang dalam laga uji coba kedua melawan China. Bertempat di Stadion Madya, Senin (25/3/2024) malam WIB, Timnas U-20 main imbang 1-1 lagi.

Gol-gol di laga ini dicetak Zhong Wen (85') untuk China, serta Ji Da Bin (89') untuk Indonesia. Ini jadi kali kedua Indonesia dan China U-20 bermain imbang 1-1, setelah pada Jumat (22/3/2024), kedua tim mencatatkan hasil serupa.

Pada awal-awal babak pertama, China bermain lebih agresif ketimbang Indonesia. Sejak pertemuan pertama lalu, mereka memang mampu mengatur distribusi bola dengan baik sejak awal laga. Mereka juga nyaman mengalirkan bola.

Seiring berjalannya babak pertama, Indonesia coba mengimbangi China. Mereka menguasai bola dengan lebih tenang, plus mereka coba menekan dengan lebih tertata. Akan tetapi, masalah kombinasi kembali membuyarkan peluang Indonesia.

Hingga pertengahan babak pertama ini, Indonesia masih dinaungi kebuntuan. Ditambah lagi, Rahmat Syawal harus keluar lapangan karena menderita cedera. Chow Yun Damanik pun masuk menggantikannya.

Memasuki pertengahan babak pertama, Timnas U-20 mulai berani melancarkan beberapa serangan balik. Mereka mulai menemukan celah untuk mengancam lini pertahanan China. Namun, mereka tetap sulit mencetak tembakan.

Hal ini karena China memutuskan bermain pasif. Sadar serangan balik Indonesia mulai berbahaya, Peng Xiao dan kolega mulai memperketat pertahanan. Indonesia pun sulit masuk kotak penalti.

Di masa-masa akhir babak pertama, situasi masih tidak jauh berbeda. Indonesia tetap kesulitan membobol gawang China, dan China pun tetap memilih bertahan. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa pergantian. Basajum Latuconsina, Mufdi Hidayat, Eros Darmawan, dan Fitrah Maulana dimasukkan. Khusus Fitrah, dia adalah penjaga gawang, menggantikan Ikram Al Giffary.

Sama seperti Indonesia, China juga melakukan beberapa pergantian. Ye Daoxin, Zhu Pengyu, dan Chen Zeshi dimasukkan oleh pelatih China, Dejan Djurdjevic. Beberapa pergantian ini membuat intensitas permainan terjaga.

Di awal-awal babak kedua, Timnas U-20 sempat memberikan tekanan intens ke lini pertahanan China. Namun, masalah mereka di babak pertama masih tampak di babak kedua ini. Serangan mereka minim kombinasi.

Sementara, China masih belum terlalu aktif di babak kedua ini. Mereka tidak menyerang dengan agresif, tetapi mereka memilih bermain klinis. Mereka mencetak peluang via beberapa serangan balik berbahaya.

Memasuki pertengahan babak kedua, situasi masih tidak berubah. Timnas U-20 tetap berupaya mencari celah, sedangkan China mengancam sesekali lewat serangan balik. Ternyata, justru upaya China-lah yang membuahkan hasil.

Pada menit 85, kesalahan terjadi di lini pertahanan Indonesia. Situasi kemelut sempat terjadi, plus adanya kepanikan dari Fitrah Maulana. Liu Chengyu memanfaatkan itu, memberikan umpan pada Zhong Wen, dan berujung gol. Skor 1-0 untuk China.

Timnas U-20 tidak menyerah. Pada menit 89, mereka melancarkan sebuah tekanan ke lini pertahanan China. Bola muntah dari serangan Indonesia disepak Ji Da Bin dari luar kotak penalti dan sukses menjadi gol. Skor berubah 1-1.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas U-20 dan China sama-sama berupaya mencari gol. Tetapi upaya mereka gagal. Skor 1-1 pun menutup laga, sekaligus memastikan dua laga uji coba lawan Negeri Tirai Bambu berakhir tanpa pemenang.

Baca Juga: Timnas U-20 Ditahan China, Arkhan Kaka Tak Puas

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya