Timnas U-20 Mulai Inventarisir Pemain yang Main di Luar Negeri

Ada beberapa pemain yang sudah diincar

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, membuka peluang bagi para pemain yang main di luar negeri (diaspora), untuk bergabung bersama Timnas U-20. Proses inventarisasi sudah dia lakukan untuk para pemain ini.

"Kami sedang menginventarisir pemain-pemain yang main du luar negeri, jadi ada beberapa pemain kelahiran 2005 yang main di luar negeri, dan kami sudah berkomunikasi dengan mereka," kata Indra dalam sesi jumpa pers, Selasa (30/1/2024).

1. Profil pemain sudah diterima PSSI

Timnas U-20 Mulai Inventarisir Pemain yang Main di Luar NegeriPelatih Timnas U-20, Indra Sjafri. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Indra juga berkata, profil para pemain yang main di luar negeri ini sudah dikantongi PSSI. Para pemain itu tersebar di beberapa negara, termasuk di Spanyol dan beberapa negara lain.

"Ada pemain-pemain kita yang main di Spanyol dan sebagainya, dan kita sudah komunikasi dengan mereka. CV dan profil mereka sudah kita terima," ujar Indra.

Baca Juga: Indra Sjafri: Baru 17 Pemain yang Layak Masuk Timnas U-20

2. Akan dinaturalisasi jika memang berkualitas

Timnas U-20 Mulai Inventarisir Pemain yang Main di Luar NegeriTimnas U-20 saat TC di Jakarta. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan bahwa para pemain yang main di luar negeri ini berpotensi dinaturalisasi, jika memang mereka punya kualitas dan belum punya paspor Indonesia. PSSI akan mengakomodasi proses naturalisasi para pemain itu.

"Kalau ada anak-anak keturunan yang memang berkualitas, kita akan akomodasi (untuk dinaturalisasi). Jika dia istimewa dan cinta Indonesia, ingin jadi bagian Timnas Indonesia, kenapa tidak kita coba?" beber Indra.

3. Baru punya Welber Jardim dan Amar Brkic

Timnas U-20 Mulai Inventarisir Pemain yang Main di Luar NegeriWelber Jardim, pemain timnas Indonesia U-17 keturunan Brasil (instagram.com/welber07official)

Sejauh ini, Timnas U-20 baru memiliki Welber Jardim dan Amar Brkic sebagai pemain keturunan. Keduanya merupakan alumni Piala Dunia U-17 2023 silam, dan tidak ambil bagian dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-20 saat ini.

Pencarian pemain yang main di luar negeri ini tak lepas dari keinginan Indra Sjafri membentuk Timnas U-20 yang berkualitas. Nantinya, tim ini akan dipersiapkan untuk mengikuti beberapa ajang, dengan target lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Baca Juga: Kelakar Indra Sjafri Soal 3 Pemain Keturunan di Timnas U-20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya