Timnas U-23 Bersua Korsel di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Korsel jadi juara Grup B

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 resmi mendapatkan lawan untuk perempat final Piala Asia U-23 2024 nanti. Timnas U-23 dipastikan akan bersua Korea Selatan (Korsel).

Kepastian itu didapat setelah dalam laga terakhir Grup B di Jassim bin Hamad Stadium, Senin (22/4/2024) malam WIB, Korsel mengalahkan Jepang dengan skor tipis 1-0. Korsel pun keluar sebagai pemuncak Grup B.

Sepanjang pertandingan, laga berjalan ketat. Di babak pertama, kuasa bola berada di tangan Jepang. Mereka menguasai bola sedemikian rupa, dengan sosok Satoshi Tanaka dan Sota Kawasaki yang menjadi pengatur di lini tengah.

Sedangkan Korea Selatan, mereka coba bermain dengan lebih efektif. Terlepas dari apa pun pendekatan yang mereka lakukan, kedua tim urung mencetak gol di babak pertama ini. Skor 0-0 bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Korsel coba tampil menggigit. Dengan nama-nama baru macam Hwang Jae Won, Paik Sang Hoon, dan Kang Sang Yoon, mereka coba meningkatkan serangan ke lini pertahanan Jepang.

Akan tetapi, dominasi bola masih berada di tangan Jepang. Tercatat, mereka menorehkan 13 tembakan, dengan persentase penguasaan bola mencapai 60 persen di babak kedua ini. Mereka juga memasukkan nama-nama baru macam Joel Fujita dan Mao Hosoya.

Dominasi Jepang pada akhirnya tidak berarti. Pada menit 75, mereka kebobolan via sontekan Kim Min Woo. Meski tidak dominan, Korsel mampu unggul 1-0 di babak kedua ini.

Di sisa waktu babak kedua, Jepang berusaha keras mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, upaya mereka urung memberi hasil. Skor 1-0 untuk Korea Selatan bertahan sampai laga tuntas. Hasil ini menempatkan Korsel sebagai juara grup.

Dengan begitu, Korsel resmi jadi lawan Timnas U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Merunut jadwal, laga ini akan dihelat pada Jumat, 26 April 2024) dini hari WIB. Sedangkan Jepang, mereka akan bersua Qatar.

Baca Juga: Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya