Ukir Sejarah, Timnas U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Kalahkan Turkmenistan di laga kedua dengan skor 2-0

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 kembali meraih hasil positif dalam laga fase grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda akhirnya memecahkan telur yang tak terpecahkan sejak lama, yakni lolos ke Piala Asia U-23.

Bertemu Turkmenistan di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023) malam WIB, Timnas U-23 menang 2-0.Gol-gol di laga ini dicetak oleh Ivar Jenner (40') dan Pratama Arhan (90+3'). 

Di awal-awal babak pertama, Timnas U-23 langsung menekan lini pertahanan Turkmenistan. Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan Arkhan Fikri jadi motor permainan skuad Garuda Muda di pertandingan ini, ditopang Rafael Struick di depan.

Namun, Turkmenistan ternyata memang tak bisa dianggap enteng. Selain sosok Shamammet Hydyrow yang memang sudah masuk radar pantauan, pemain-pemain lain macam Rahman Myratberdiyev dan Umarov Salim di tengah mampu tampil apik.

Para pemain Turkmenistan menghentikan para pemain tengah Timnas U-23 dengan baik. Mereka membatasi pergerakan Jenner, Marselino, dan Arkhan sebisa mungkin. Alhasil, stagnansi sempat dialami oleh skuad Garuda Muda.

Kendati begitu, Timnas U-23 mampu mengendalikan situasi. Ketika lini tengah mereka ditekan, sisi sayap yang diperkuat Pratama Arhan dan Ilham Rio memberikan opsi melebar. Hal itu membuat tekanan kepada para pemain tengah Indonesia berkurang.

Di sisa waktu babak pertama, permainan Indonesia jadi lebih hidup. Gol pun akhirnya sukses dicetak oleh skuad Garuda Muda, via sontekan jarak jauh Jenner pada menit 40. Timnas U-23 unggul dengan skor 1-0, dan bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 masih dominan atas Turkmenistan. Aliran bola masih berada dalam kendali mereka, dan hal itu membuat Turkmenistan kesulitan mengembangkan permainan. Timnas U-23 pun nyaman bermain.

Seiring berjalannya babak kedua, kebuntuan mulai menghinggapi Timnas U-23. Tidak seperti babak pertama, tekanan mereka tidak terlalu intens di babak kedua ini. Alhasil, pola serangan Timnas U-23 jadi tidak begitu rapi.

Hingga menit 67 laga, tak ada perubahan yang dilakukan oleh kedua tim. Timnas U-23 memasukkan Witan Sulaeman dan Ramadhan Sananta untuk menjaga daya gedor. Turkmenistan memasukkan Arslan Saparov.

Di sisa waktu babak kedua, tensi laga mulai meninggi. Beberapa kali, pemain Turkmenistan berusaha untuk memancing emosi para pemain Timnas U-23 Indonesia. Tindakan mereka pun dibalas oleh Timnas U-23 dengan permainan keras.

Pada menit 90+3, Indonesia menambah keunggulan. Assist apik dari sisi kanan sukses dimanfaatkan oleh Pratama Arhan lewat sundulannya. Skor menjadi 2-0, dan keunggulan Indonesia semakin mutlak.

Hingga babak kedua tuntas, skor 2-0 untuk keunggulan Timnas U-23 atas Turkmenistan tidak berubah. Setelah menanti lama, akhirnya Indonesia mentas di putaran final Piala Asia U-23. Sejarah kembali tercipta.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas U-23 vs Turkmenistan, Ada Sedikit Rotasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya