Timnas U-23 Terancam Tanpa Pemain Terbaik di Piala Asia U-23

Banyak klub tak mau lepas pemain ke Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 terancam tampil tanpa para pemain terbaik mereka di ajang Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, sejumlah klub menolak melepas pemainnya, terutama mereka yang berada di papan atas.

Setelah Persija Jakarta menolak melepas pemainnya untuk ajang tersebut, kini Borneo FC juga mantap menolak melepas pemain untuk Timnas U-23 yang akan bertanding di Piala Asia 2024. Apa alasan mereka?

Baca Juga: Timnas U-23 Jajal 3 Negara Timur Tengah saat TC di Dubai

1. Borneo FC butuh kekuatan terbaik juga

Timnas U-23 Terancam Tanpa Pemain Terbaik di Piala Asia U-23Timnas U-23 di final Piala AFF U-23. (Dok. PSSI)

Manajer Borneo FC, Dandri Dauri, sadar bahwa pencapaian tertinggi bagi para pemain adalah membela Timnas. Namun, untuk saat ini, dia tak bisa menampik bahwa mereka butuh jasa para pemain jelang championship series Liga 1 2023/24.

"Saat ini kami butuh tenaga semua pemain. Pemain punya tugas mempertahankan posisi klub di puncak klasemen, agar kami bisa tampil di championship series," ujar Dandri dalam keterangan resminya.

2. Total tiga pemain Borneo diproyeksikan masuk Timnas

Timnas U-23 Terancam Tanpa Pemain Terbaik di Piala Asia U-23Timnas U-23 lawan Thailand di Piala AFF U-23. (dok. PSSI)

Dikabarkan, ada tiga pemain Borneo FC yang masuk dalam radar Shin Tae Yong untuk masuk Timnas U-23. Mereka adalah Fajar Fathur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany.

Sekadar informasi, ketiganya adalah sosok penting yang membawa Timnas U-23 menjuarai SEA Games 2023 lalu, Tidak cuma itu, mereka juga jadi sosok kunci keberhasilan Timnas U-23 ke Piala Asia U-23 2024.

3. Persija juga keberatan melepas pemain

Timnas U-23 Terancam Tanpa Pemain Terbaik di Piala Asia U-23Aksi pemain Timnas U-23 saat bentrok dengan Malaysia di laga Grup B Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Selain Borneo, sebelumnya ada Persija yang juga sudah terang-terangan keberatan melepas pemain ke Timnas U-23. Pelatih Persija, Thomas Doll, mengaku butuh tenaga para pemain U-23 mereka di sisa laga Liga 1.

"Tidak, kami membutuhkan mereka. Tentu karena sedang terjadi perburuan gelar juara. Mereka bisa pergi setelah pertandingan atau saat waktu luang," ujar Doll.

Piala Asia U-23 2024 akan dihelat pada 15 April sampai 3 Mei. Timnas U-23 tergabung dalam Grup A di ajang tersebut, bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Sialnya, Piala Asia U-23 2024 ini berbarengan dengan momen krusial di Liga 1, yakni akhir regular series dan championship series. Tak pelak, ada beberapa klub yang tak mau melepas pemain mereka ke Timnas U-23.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya