Timnas U-24 Bekuk Kyrgyzstan di Laga Pembuka Asian Games 2022

Timnas U-24 kesulitan bongkar pertahanan Kyrgyzstan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 meraih kemenangan dalam laga perdana fase grup Asian Games 2022. Bersua Kyrgyzstan di Zhejiang Normal University East, Selasa (19/9/2023) malam WIB, Garuda Muda menang 2-0.

Dwigol kemenangan Indonesia di laga ini dicetak Ramai Rumakiek (58') dan Hugo Samir (90+2'). Indonesia pun menorehkan bekal positif di awal Asian Games 2022.

Awal babak pertama, Indonesia dan Kyrgyzstan main berhati-hati. Mereka tidak terburu-buru melepaskan tekanan, dan lebih senang memainkan bola di area masing-masing. Mereka saling membaca satu sama lain.

Barulah memasuki menit 10 laga, Indonesia berani mengambil inisiatif. Lewat kombinasi dari Syahrian Abimanyu dan Egy Maulana Vikri, beberapa kali Indonesia menembus pertahanan Kyrgyzstan. Namun, upaya ini urung membuahkan hasil.

Di sisi lain, Kyrgyzstan juga tidak tinggal diam. Sempat memilih untuk bertahan, per menit 20 laga mereka mulai berani menekan balik. Lewat keunggulan fisiknya, Kyrgyzstan beberapa kali mengancam gawang Indonesia.

Perlu diakui, minimnya pemain bertipe penyerang murni seperti Ramadhan Sananta sedikit berpengaruh pada permainan Indonesia. Serangan-serangan Indonesia tidak memiliki target utama, karena Ramai Rumakiek dan Egy lebih sering melebar.

Alhasil, di sisa waktu babak pertama, serangan-serangan Indonesia banyak terputus di area sepertiga akhir. Titan Agung yang diplot sebagai pemantul belum bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Kyrgyzstan pun dilanda masalah yang sama. Para pemain depan mereka macam Maksat Alygulov serta Dastanbek Toktosunov, juga kesusahan mencetak peluang ke gawang Indonesia. Sampai babak pertama tuntas, skor 0-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Indonesia dan Kyrgyzstan. Pelatih Indra Sjafri memasukkan Dony Tri Pamungkas, sedangkan Kyrgyzstan menurunkan Arsen Sharshenbekov.

Perubahan ini membuat permainan Indonesia lebih hidup. Dengan Egy yang lebih didorong ke depan, lini serang kian aktif, ditambah aksi-aksi dari Dony dan Ramai yang rutin menusuk dari sayap. Upaya Indonesia pun berbuah hasil pada menit 58.

Berawal dari kerja sama antara dengan Muhammad Taufany, Ramai menerobos masuk ke area sepertiga akhir lawan. Dia pun melepaskan sepakan keras dengan kaki kanannya yang berhasil menggetarkan jala gawang Kyrgyzstan. Skor berubah 1-0 untuk Indonesia.

Selepas mencetak gol, Indonesia main lebih cair. Kepercayaan diri para pemain meningkat. Mereka berani berduel, mengontrol bola, dan melakukan kombinasi.

Sadar tertekan, Kyrgyzstan kembali memasukkan pemain baru seperti Atay Ilychbek, Arslan Bekberdinov, Bektur Abdyvallev, dan Irrakhimbek Nurmat Uulu, untuk menambah daya gedor di lini serang.

Hal itu direspons Indra dengan memasukkan Alfeandra Dewangga, Bagas Kaffa, hingga Hugo Samir, untuk menjaga keseimbangan permainan. Di sisa waktu babak kedua, dominasi Indonesia masih terjaga atas Kyrgyzstan.

Bahkan, di masa injury time, tepatnya menit 90+2, Indonesia menggandakan keunggulan. Memanfaatkan blunder dari lini pertahanan Kyrgyzstan, Hugo Samir yang masuk di akhir babak kedua berhasil mencetak gol. Skor berubah 2-0.

Hingga babak kedua tuntas, skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia atas Kyrgyztan tidak berubah. Mereka pun mengawali Asian Games 2022 dengan hasil apik.

Baca Juga: Lepas Atlet Asian Games, Jokowi Beri Target Indonesia Finis 10 Besar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya