Timnas Wanita Maroko Cetak Sejarah, Buah dari Investasi

Buat kejutan di Piala Dunia Wanita 2023

Jakarta, IDN Times - Belum sirna dari ingatan kejutan Maroko di Piala Dunia 2022. Sekarang, mereka sudah membuat dunia terbelalak kembali. Hal itu tak lepas dari perjalanan Timnas Wanita mereka di gelaran Piala Dunia Wanita 2023.

Terbaru, Timnas Wanita Maroko memastikan langkahnya ke fase gugur usai menumbangkan Kolombia dengan skor 1-0 di laga terakhir fase grup, Kamis (3/8/2023). Ciamiknya, mereka berhasil mengangkangi Jerman.

Apa yang dicatatkan Timnas Wanita Maroko ini begitu spesial. Namun, ada investasi jangka panjang yang dilakukan, sampai akhirnya prestasi datang mengiringi.

1. Sepak bola wanita mulai diperhatikan sejak 2009

Timnas Wanita Maroko Cetak Sejarah, Buah dari InvestasiTimnas Wanita Maroko di Piala Dunia Wanita 2023. (instagram.com/equipedumaroc)

Dilansir BBC, pada 2009 akademi sepak bola wanita Maroko yang baru dibangun, bersamaan dengan akademi pria. Hal itu tak lepas dari sosok Raja Mohammed VI, yang sangat gila sepak bola dan juga memerhatikan sepak bola wanita.

Pada 2019, Maroko membangun King Mohammed VI Training Complex di Rabat, ibu kota Maroko. Pusat pelatihan itu jadi rumah bagi timnas wanita dan pria, baik di level senior maupun junior. Fasilitasnya lengkap mulai dari lapangan hingga gym.

Investasi itu berlanjut pada 2020. Liga Sepak Bola Wanita Maroko menjadi profesional, dan anggaran sebesar 65 juta dolar Amerika Serikat digelontorkan untuk pengembangan sepak bola wanita. Buahnya pun terasa di ajang ini.

Baca Juga: Kecam FIFA Terkait Piala Dunia Wanita 2023, Belanda: Kayak Amatir!

2. Ikut menggebrak layaknya sepak bola pria

Timnas Wanita Maroko Cetak Sejarah, Buah dari InvestasiTimnas Wanita Maroko di Piala Dunia Wanita 2023. (instagram.com/equipedumaroc)

Pada 2022, kita tentu tidak lupa perjuangan apik Maroko menembus semifinal Piala Dunia. Berbekal nama-nama macam Achraf Hakimi, Sofyan Amrabat, Hakim Ziyech, dan Yassine Bounou, mereka jadi tim Afrika pertama yang lolos semifinal Piala Dunia.

Sekarang, giliran sepak bola wanita yang menggebrak usai lolos ke fase gugur dalam debut mereka di Piala Dunia Wanita 2023. Maroko pun jadi tim Afrika kedua setelah Nigeria yang meloloskan tim pria dan wanitanya ke fase gugur Piala Dunia.

"Kami sangat bangga atas pencapaian kami ini. Tim penuh dengan kebahagiaan dan emosi sekarang. Kami mendedikasikan pencapaian kami ini untuk sang Raja dan masyarakat Maroko," ujar pemain Timnas Wanita Maroko, Anissa Lahmari.

3. Harapan Timnas Wanita Maroko melangkah jauh

Timnas Wanita Maroko Cetak Sejarah, Buah dari InvestasiTimnas Wanita Maroko di Piala Dunia Wanita 2023. (instagram.com/equipedumaroc)

Sekarang, Maroko sudah mencatatkan sejarah di Piala Dunia Wanita 2023. Namun, perjalanan belum tuntas. Di babak 16 besar, mereka akan bersua Prancis yang dilatih Herve Renard, sosok yang juga melatih Timnas Maroko di Piala Dunia 2018.

"Kami tidak akan berhenti di sini. Kami ingin terus maju. Makin spesial karena kami akan menghadapi Prancis. Sulit memang, tapi dengan mindset yang kuat, saya yakin kami bisa melaju lebih jauh," ujar pelatih Timnas Wanita Maroko, Reynald Pedros.

Ya, baik itu Timnas Pria maupun Timnas Wanita Maroko, mereka tak henti mengejutkan publik sepak bola dunia belakangan ini. Semoga saja, kejutan mereka berlanjut di Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga: Profil Nouhaila Benzina: Pemain Berjilbab Pertama di Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya