Titik Terang Erigo dan Erspo soal Jersey Timnas Indonesia

Peran Sadad begitu besar

Intinya Sih...

  • Erigo menunjuk Erspo sebagai apparel Timnas Indonesia, karena Muhammad Sadad masih bagian dari pemegang saham Erigo.
  • Erspo menang tender jersey Timnas karena tawaran uang lebih besar daripada Mills dan Nike, beserta royalti 7 persen dari produk.
  • Kerja sama Erspo dengan PSSI mencakup kemitraan senilai Rp16,5 miliar, dengan uang tunai Rp5 miliar dalam bentuk sponsorship dan royalti. CEO Erspo, Muhammad Sadad, berharap kontribusi signifikan bagi kemajuan Timnas.

Jakarta, IDN Times - Permasalahan mengenai siapa yang seharusnya memenangi tender jersey Timnas Indonesia antara Erspo dan Erigo menemui titik terang. Ternyata, memang brand yang disebut pertama yang ditunjuk.

Berdasarkan sumber IDN Times, Erigo yang memenangi tender ternyata menunjuk Erspo untuk menjadi apparel Timnas. Di sini, peran besar Muhammad Sadad terasa karena masih bagian dari pemegang saham Erigo.

"Jadi, sebenarnya Erigo itu memang menunjuk Erspo. Ya itu masalah brand saja, orang Erigo dia pemiliknya, Erspo dia pemiliknya juga (merujuk kepada Muhammad Sadad), suka-suka dia lah. begitu," ujar sumber tersebut.

1. Kenapa Erspo akhirnya bisa menang?

Titik Terang Erigo dan Erspo soal Jersey Timnas IndonesiaAway Jersey Timnas Indonesia 2024 (instagram.com/erspo.official)

Mengenai kenapa Erspo bisa menang, hal itu tak lepas dari banyaknya duit yang mereka keluarkan. Sumber tersebut mengakui, ada tiga brand yang terdepan untuk menjadi apparel Timnas dalam tender. Mereka adalah Nike, Mills, dan Erspo.

Erspo menang karena menyajikan tawaran lebih besar ketimbang Mills dan Nike. Untuk masalah uangnya memang tak bisa disebutkan, tetapi yang dikeluarkan plus dijanjikan Erspo lebih besar.

"Mills dan Nike itu ada cash tapi tanpa royalti. Sedangkan, Erspo itu menawarkan cash, dan tujuh persen dari royalty product. Kalau kau di PSSI, kau mau pilih mana dengan tawaran seperti itu," kata sumber tersebut.

Baca Juga: Mengkritik Coach Justin dan Ernanda di Kisruh Jersey Timnas Erspo

2. Ada kesepakatan Rp5 miliar antara Erspo dan PSSI

Titik Terang Erigo dan Erspo soal Jersey Timnas IndonesiaInstagram.com/erspo.official

Dalam keterangan Erspo, kerja sama antara dengan PSSI juga menghadirkan kemitraan senilai total Rp16,5 miliar. Setidaknya, ada uang tunai sebesar Rp5 miliar dalam bentuk sponsorship dan royalti yang merupakan mekanisme baru atau pertama kalinya diberikan kepada PSSI.

"Komitmen ini merupakan bentuk dukungan Erspo dalam membangun ekosistem industri sepak bola Tanah Air yang semakin kuat dan kompetitif. Kami berharap kerja sama PSSI dan Erspo dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Timnas," ujar CEO Erspo, Muhammad Sadad.

3. Kelakar PSSI soal jersey Timnas

Titik Terang Erigo dan Erspo soal Jersey Timnas IndonesiaArya Sinulingga ditunjuk jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan polemik jersey Timnas tidak perlu dibesar-besarkan. Dia berkelakar, jersey ini bukan baju Superman yang ujug-ujug membawa Timnas menang.

"Jadi, polemik itu (jersey Erspo) ya tidak usah diperpanjang lah. Kan bukan baju Superman gitu ya. Pakai baju itu, tiba-tiba Timnas Indonesia jadi bagus gitu. Itu dinamika saja," ujar Arya.

Baca Juga: Prosedur Jersey Buat Timnas Indonesia: Harusnya Uji Coba Dulu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya