Trofi Bola Emas Adidas Maradona di Piala Dunia 1986 Dilelang

Trofi ini jadi saksi kehebatan Maradona

Jakarta, IDN Times - Trofi Bola Emas adidas milik Diego Maradona di Piala Dunia 1986 akan dilelang. Proses pelelangan akan dilakukan di Rumah Lelang Internasional Aguttes- Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, 6 Juni 2024.

Trofi tersebut diberikan saat Maradona menjadi kapten Argentina dan berhasil mengantarkan timnya juara Piala Dunia 1986 di Meksiko. Ajang ini jadi kelahiran "Gol Abad Ini" dan gol "Tangan Tuhan" yang terkenal ke gawang Inggris.

1. Maradona memang layak menyandang gelar legenda

Trofi Bola Emas Adidas Maradona di Piala Dunia 1986 DilelangDiego Maradona (tengah) saat merayakan juara Piala UEFA bersama fans Napoli pada 1988/1989. (uefa.com)

François Thierry, pakar olahraga di Rumah Lelang Aguttes mengatakan, kata legenda memang sangat cocok dengan Diego Maradona. Dia sendiri menyukai sepak bola seperti halnya Muhammad Ali di tinju atau Michael Jordan di bola basket.

"Maradona adalah salah satu atlet paling manusiawi yang pernah kita kenal, dengan kelebihan dan kekurangannya. Anak emas El Pibe de Oro juga dijuluki dewa sepak bola. Bakat apiknya berpadu dengan kesuksesan yang dia dapat. Sejarah sepak bola terkait erat dengan Maradona,” ujar Thierry dalam keterangan resmi.

Baca Juga: Viral Video Maradona dan Pele Adu Sundulan, Mengharukan

2. Maradona beri kenangan manis bagi rekan setim

Trofi Bola Emas Adidas Maradona di Piala Dunia 1986 Dilelangbuenosairesstreetart.com

Jorge Burruchaga, rekan setim Diego Maradona di Piala Dunia 1986 mengatakan, sinar Maradona memang begitu terasa di ajang tersebut. Dia dan rekan-rekannya yang lain pun langsung mafhum, bahwa Maradona adalah legenda Argentina.

“Kenangan favorit saya di Piala Dunia ini adalah gol kedua yang dia cetak ke gawang Inggris, yang tetap menjadi gol terindah dalam sejarah. Dia melewati enam pemain, itu luar biasa. Hari itu, ida menciptakan warisan abadi bagi semua warga Argentina dan dunia,” kata Burruchaga.

3. Maradona dinobatkan pemain terbaik abad ke-20

Trofi Bola Emas Adidas Maradona di Piala Dunia 1986 DilelangGol tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia 1986. (Dok. Presse Sports)

Maradona sendiri dinobatkan sebagai pemain terbaik abad ke-20 oleh FIFA, bersama dengan Pelé. Trofi bola emas Piala Dunia 1986 pun jadi bukti akan kemampuannya sebagai pesepak bola jempolan abad ke-20.

Sebelum trofi bola emas Maradona dilelang, baru-baru ini kaus yang dikenakan Diego Maradona saat pertandingan Piala Dunia 1986 melawan Inggris, dikabarkan terjual dengan harga sekitar 7 juta dolar Amerika Serikat (sekitar Rp112,4 miliar).

Baca Juga: Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di Surga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya