Troussier Akui Timnas Indonesia Lebih Kuat dari Vietnam

Troussier kesal dengan Vietnam

Intinya Sih...

  • Philippe Troussier dipecat sebagai pelatih Vietnam setelah kekalahan kedua dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • Troussier mengamini kekuatan Timnas Indonesia lebih besar dari Vietnam dan merasa Vietnam kurang efektif dalam mencetak gol.
  • Meskipun dipecat, Troussier menyebut Vietnam masih punya peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan syarat Indonesia tersandung.

Jakarta, IDN Times - Philippe Troussier sudah tidak lagi menjadi pelatih Vietnam per Selasa (26/3/2024) malam WIB. Kekalahan kedua dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuatnya dipecat dari kursi pelatih Golden Star Warriors.

Nah, ketika sesi jumpa pers selepas laga Indonesia versus Vietnam, tepat sebelum dipecat, Troussier memberikan pendapatnya soal Pasukan Garuda. Dia mengamini Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan lebih kuat dari Vietnam.

"Tim Indonesia lebih kuat. Mereka lebih punya kualitas, apalagi kami juga kebobolan cepat. Hal itu membuat laga jadi lebih sulit bagi kami," kata Troussier.

1. Vietnam kurang efektif sepanjang laga

Troussier Akui Timnas Indonesia Lebih Kuat dari VietnamAksi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, coba melewati pemain Vietnam. (Dok. PSSI)

Troussier juga merasa Vietnam kurang efektif di laga lawan Indonesia. Dia melihat, para pemainnya sudah menciptakan banyak peluang. Namun, tak ada satu pun dari peluang itu yang menjadi gol.

"Kami sebenarnya menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol, lebih dari 10 tembakan. Namun, kami kurang efektif dan gagal mencetak gol di momen penting," ujar Troussier.

Baca Juga: Skenario Timnas Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

2. Troussier yakin Vietnam masih bisa lolos

Troussier Akui Timnas Indonesia Lebih Kuat dari Vietnampssi.org

Mengenai peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Troussier menyebut Vietnam masih punya peluang. Dengan menyapu bersih dua laga sisa, mereka masih bisa lolos, dengan syarat Indonesia tersandung.

"Secara teori, Vietnam masih punya dua laga lagi dengan enam poin yang bisa diraih. Perlu meraih enam poin lagi dan berharap Indonesia tersandung. Segalanya tidak mudah, tapi saya yakin Vietnam masih punya peluang,” kata Troussier.

Baca Juga: Babak Belur Digilas Indonesia, Phillipe Troussier Dipecat Vietnam

3. Troussier akhirnya dipecat

Troussier Akui Timnas Indonesia Lebih Kuat dari VietnamPelatih Vietnam, Philippe Troussier (kiri) (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ke depan, Troussier tak akan ada lagi di kursi pelatih Vietnam. Kekalahan dari Indonesia pada Selasa (26/3/2024) membuatnya dipecat.

Ini kali kedua Troussier dipecat gara-gara Timnas. Sebelum Vietnam, dia pernah dipecat Qatar gara-gara kalah dari Timnas di fase grup Piala Asia 2004.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya