Untuk ke-37 Kalinya, Real Madrid Juara Paruh Musim LaLiga

Akankah Real Madrid juara di akhir musim?

Jakarta, IDN Times - Real Madrid berhasil menjadi pemuncak klasemen sementara LaLiga 2023/24. Terbaru, dalam laga pekan 19 pada Kamis (4/1/2024) malam WIB, mereka menang atas Real Mallorca dengan skor 1-0.

Kemenangan ini memastikan Madrid menjadi juara paruh musim LaLiga 2023/24. Meski raihan poin mereka sama dengan Girona, mereka unggul selisih gol dari tim asal Catalunya tersebut. Madrid pun mempertahankan tradisi mereka.

1. Juara paruh musim untuk ke-37 kalinya

Untuk ke-37 Kalinya, Real Madrid Juara Paruh Musim LaLigaSelebrasi pemain Real Madrid usai bobol gawang Mallorca, Kamis (4/1/2024). (realmadrid.com).

Buah dari keberhasilan mereka menjuarai paruh musim 2023/24, Madrid pun resmi menjadi juara paruh musim untuk ke-37 kalinya. Mereka pun berpotensi menjadi juara di akhir musim, menilik tren yang terjadi.

Total, 51 dari 92 juara paruh musim di LaLiga (persentase 55 persen), biasanya keluar menjadi juara di akhir musim. Tren itu bertahan saat liga memasuki era tiga poin, di mana 22 dari 28 juara paruh musim (persentase 76 persen) sukses jadi juara.

Khusus bagi Madrid, hanya sekali dalam 20 musim terakhir ketika mereka menjadi juara paruh musim, mereka gagal jadi juara di akhir musim. Itu terjadi pada 2014/15. Ketika itu, apa yang terjadi?

Baca Juga: Brasil Kena Prank, Ancelotti Perpanjang Kontrak di Real Madrid

2. Madrid belajar dari musim 2014/15

Untuk ke-37 Kalinya, Real Madrid Juara Paruh Musim LaLigaJude Bellingham dan Carlo Ancelotti (madriduniversal.com)

Di musim 2014/15, Madrid yang juga ditangani Carlo Ancelotti saat itu berhasil jadi juara paruh musim. Hingga paruh musim, mereka berhasil mengumpulkan 48 poin. Namun, memasuki paruh kedua musim, cedera dan kelelahan membuat mereka tergeser.

Hasilnya, Barcelona sukses menyalip dan menjadi juara dengan torehan 94 poin, berselisih dua poin dari Madrid yang menorehkan 92 poin. Belajar dari kekecewaan ini, pada musim 2021/22, Ancelotti bangkit.

Saat Madrid juara paruh musim 2021/22, mereka sukses merebut gelar juara di akhir musim berkat konsistensi di paruh kedua musim. Hal yang sama siap mereka lakukan kembali musim ini.

3. Real Madrid terancam oleh Girona

Untuk ke-37 Kalinya, Real Madrid Juara Paruh Musim LaLigaJude Bellingham dan Fede Valverde (realmadrid.com)

Jika biasanya Madrid terancam oleh Barcelona atau Atletico Madrid, kini ada ancaman baru yang hadir kepada mereka. Ancaman itu bernama Girona, yang sukses membuntuti mereka hingga paruh musim 2023/24 tuntas.

Girona menggebrak di LaLiga musim ini. Mereka bahkan berhasil menggulung Atletico Madrid dalam laga pekan 19 dengan skor 4-3. Mereka masih menekan Madrid musim ini, dan mengungguli Barcelona serta Atletico.

Pada laga pekan 24 LaLiga 2023/24, Real Madrid dan Girona akan bertemu kembali. Akankah kemenangan 3-0 pada pekan delapan akan diulangi lagi oleh 'Si Putih' di pertemuan kedua kelak?

Baca Juga: Ancelotti Ungkap Resep Real Madrid Jadi Juara Paruh Musim

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya