Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga Champions

Dortmund berlaga di Wembley lagi

Jakarta, IDN Times - Kelindan takdir memang tak pernah ada yang tahu. Pada 2012/13, Borussia Dortmund merasakan atmosfer final Liga Champions di Wembley. 11 tahun kemudian, mereka kembali merasakan hal yang sama.

Terbaru, dalam leg kedua semifinal Liga Champions 2023/24, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB, Dortmund menang 0-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) di Parc des Princes. Hasil ini memastikan mereka menang agregat 2-0 atas PSG.

Tidak cuma itu, hasil ini juga memastikan Dortmund kembali lagi ke Wembley. Tempat ini tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka?

1. Sempat merasakan final di Wembley, tapi kalah

Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga ChampionsBorussia Dortmund ke final Liga Champions 2023/24 usai singkirkan PSG, Rabu (8/5/2024). (uefa.com).

Pada 2012/13 silam, Dortmund sempat merasakan final di Wembley. Ketika itu, mereka bersua Bayern Muenchen dalam laga yang bertajuk All German Final, yang pertama kalinya terjadi di Liga Champions.

Di laga tersebut, Dortmund kalah dengan skor 1-2. Penalti Ilkay Guendogan tak bisa membawa Dortmund menang, setelah Bayern mencetak dua gol via Mario Mandzukic dan Arjen Robben.

Baca Juga: Antar Dortmund ke Final Liga Champions, Hummels Ukir Sejarah

2. Laga spesial buat Marco Reus

Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga ChampionsMarco Reus (bvb.de)

Final Liga Champions 2023/24 ini jadi laga spesial bagi Marco Reus. Pada 2012/13 silam, musim pertamanya bersama Dortmund, Reus ikut ambil bagian dalam laga final di Wembley. Dia tak bisa membawa tim menang.

Sekarang, setelah 11 tahun membela Dortmund, Reus berkesempatan menebus dosa tersebut, di tempat yang juga sama, yaitu Wembley. Makin spesial lagi karena ini adalah laga terakhirnya bersama Dortmund.

3. Dortmund tinggal menunggu lawan

Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga ChampionsMarco Reus (instagram.com/marcinho11)

Posisi Dortmund kini pun tinggal menanti lawan. Di laga semifinal yang lain, ada Bayern Muenchen dan Real Madrid yang tengah berebut satu tiket sisa menuju final di Wembley.

Tentu, akan menarik lagi jika Bayern-lah yang lolos ke final. Itu berarti, akan ada kesempatan bagi Dortmund membalas dendam atas apa yang terjadi di final Liga Champions Wembley, musim 2012/13 silam.

Baca Juga: PSG Siapkan Rencana Jahat ke Dortmund, Bombardir Gawang Kobel

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya