3 Faktor Manchester City Beli Mahal Josko Gvardiol

Gvardiol jadi bek termahal kedua di dunia

Jakarta, IDN Times - Manchester City rela menebus Josko Gvardiol dengan harga yang begitu tinggi. Mereka membeli Gvardiol senilai 77,5 juta poundsterling atau setara Rp1,4 triliun dari Red Bull Leipzig.

Dengan mahar itu, ManCity berhasil menjadikan Gvardiol sebagai bek termahal kedua di dunia sepanjang sejarah. Dia hanya kalah dari Harry Maguire yang ditebus Manchester United seharga 80 juta poundsterling pada 2019 silam.

Lantas, apa yang membuat ManCity rela membeli Gvardiol dengan harga yang tinggi?

Baca Juga: ManCity Resmi Rekrut Bek Tertangguh Piala Dunia 2022 Josko Gvardiol

1. Masih muda

3 Faktor Manchester City Beli Mahal Josko GvardiolJosko Gvardiol (bundesliga.com)

Gvardiol masih muda, baru 21 tahun. Potensinya juga begitu besar sebagai seorang bek tengah. Manajer ManCity, Pep Guardiola, merasa kalau Gvardiol masih bisa berkembang.

"Nama yang bagus bukan, Gvardiol. Kami kedatangan bek berkualitas sepertinya," ujar Guardiola dilansir Manchester Evening News.

2. Kemampuannya lengkap

3 Faktor Manchester City Beli Mahal Josko Gvardiolpotret Josko Gvardiol (instagram.com/@josko_gvardiol)

Kemampuan Gvardiol yang lengkap juga menjadi alasan utama ManCity rela membelinya. Menurut Direktur Olahraga ManCity, Txiki Begiristain, bek Kroasia itu punya segala macam atribut untuk menjadi pemain kelas dunia.

Tak cuma tangguh dalam berduel, menurut Txiki, Gvardiol memiliki kecerdasan dan kecepatan ketika sedang menguasai bola. Txiki juga melihat Gvardiol memiliki visi permainan yang prima. Pun, penguasaan bolanya bagus.

"Dia cepat, kompetitif, suka bertarung, kuat di udara, impresif dalam menguasai bola, percaya diri, dan berkarakter. Kaki kirinya mematikan. Dia memberikan opsi yang bagus di lini belakang," ujar Txiki.

3. Investasi masa depan

3 Faktor Manchester City Beli Mahal Josko Gvardiolpotret Josko Gvardiol (instagram.com/josko_gvardiol)

Investasi, itu juga menjadi alasan di balik perekrutan Gvardiol. Dengan usianya yang masih muda, ManCity tak usah bingung akan masa depan lini belakangnya. Sebab, dia bisa jadi lebih matang jika main bareng Guardiola.

"Usianya masih muda, perkembangannya luar biasa. Dia sangat percaya diri bisa berkembang di ManCity bersama Pep dan stafnya," kata Txiki.

Baca Juga: 3 Fakta Kedatangan Josko Gvardiol ke Manchester City

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya