Comscore Tracker

4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh Rekor

Prancis luar biasa, mencatatkan banyak rekor

Jakarta, IDN Times - Prancis berhasil mengalahkan Polandia dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Minggu (4/12/2022), dengan skor mencolok 3-1. Kelolosan ke perempat final ternyata telah menghadirkan sejumlah rekor buat Prancis di Piala Dunia.

Lolos ke babak 16 besar saja, sudah bikin Prancis catatkan sejarah. Mereka telah memutus kutukan juara bertahan Piala Dunia, dengan lolos ke fase gugur.

Kini, ada rekor-rekor lain yang berhasil diciptakan oleh Les Bleus. Berikut ulasannya seperti dikutip Opta.

Baca Juga: Olivier Giroud, Pernah Diejek Mobil Gokar Kini Jadi Top Scorer Prancis

1. Prancis digdaya

4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh RekorSelebrasi Timnas Prancis pada Piala Dunia 2022. (skysports.com)

Prancis begitu digdaya di tiga edisi Piala Dunia terakhir. Mereka akan main di perempat final dalam tiga edisi secara beruntun, 2014, 2018, dan 2022.

Pada edisi 2014, langkah Prancis terhenti di perempat final. Mereka dikalahkan oleh Jerman lewat gol tunggal Mats Hummels.

Kemudian, pada edisi 2018, Prancis membayar kegagalannya. Tak cuma lolos ke semifinal, bahkan Prancis berhasil jadi juara di turnamen ini. Sekarang, Prancis menatap catatan lain, mungkinkah jadi juara di dua edisi beruntun?

2. Kylian Mbappe, sang monster Prancis

4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh RekorStriker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Denmark di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Kylian Mbappe benar-benar menjadi monster yang bisa diandalkan Prancis di lini depan. Performanya yang tajam telah menginspirasi Prancis buat mendulang kemenangan besar atas Polandia.

Tak cuma gol, tapi Mbappe bisa cetak assist pula di laga ini. Namun, yang jadi sorotan di laga lawan Polandia adalah bagaimana Mbappe mencatatkan rekor.

Sepanjang Piala Dunia 2022, Mbappe sudah cetak lima gol dari empat laga. Jumlah ini lebih banyak ketimbang yang dicatatkannya pada edisi 2018 lalu.

Total, Mbappe sudah mencetak sembilan gol di Piala Dunia. Dia menjadi pemain termuda yang mencetak delapan gol atau lebih di Piala Dunia dan hanya dilakukan dalam dua edisi. Torehan itu melewati pemain legendaris macam Pele, Diego Maradona, Eusebio, bahkan Lionel Messi.

Mbappe juga sudah mencetak lima gol di fase gugur Piala Dunia pada usia 23 tahun 349 hari, termuda kedua setelah Pele pada 1958 yang mencatatkan torehan serupa ketika menginjak 17 tahun dan 249 hari. Superstar telah bangkit!

3. Malamnya Olivier Giroud

4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh RekorStriker Prancis, Olivier Giroud, usai cetak gol ke gawang Polandia (Sky Sports)

Sama dengan Mbappe, Olivier Giroud juga tak mau ketinggalan untuk mencatatkan rekor. Dia baru saja menegaskan statusnya sebagai top scorer sepanjang masa Prancis.

Golnya ke gawang Polandia pada menit 44, mengantarkan Giroud melewati torehan Thierry Henry. Kini, Giroud sudah mencetak 52 gol buat Prancis, lebih banyak satu ketimbang Henry.

Giroud juga menjadi pencetak gol tertua kedua yang mencetak dua gol atau lebih di Piala Dunia pada usia 36 tahun dan 53 hari. Pemain tertua yang melakukannya adalah Roger Milla pada Piala Dunia 1990. Saat itu, Milla berusia 38 tahun.

4. Lloris yang legendaris

4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh RekorHugo Lloris (fifa.com)

Hugo Lloris juga mencatatkan rekor bersama Prancis. Dia menjadi pemain yang paling sering tampil bersama Ayam Jantan.

Caps Lloris saat ini sudah mencapai 142, sama dengan Lilian Thuram. Ada potensi, Lloris melewati catatan Thuram, jika di perempat final nanti bermain lagi, entah sebagai starter atau cadangan.

Baca Juga: Kylian Mbappe, Monster Buas Prancis yang Lewati Pele dan Messi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya