Bisikan Wenger di Balik Keperkasaan Arsenal

Arteta minta saran ke Wenger

Jakarta, IDN Times - Performa impresif Arsenal sepanjang musim 2023/24 ternyata tak terlepas dari nasihat manajer legendarisnya, Arsene Wenger. Mikel Arteta ternyata sering berdiskusi dengan Wenger terkait bagaimana Arsenal bisa tiga gelar juara Premier League, bahkan meraih status invincible di musim 2003/04.

Selama menangani Arsenal, Wenger memang sudah juara Premier League tiga kali pada 1997/98, 2001/02, dan 2003/04. Gelar Premier League terakhir yang diraih Wenger bahkan disertai rekor tak terkalahkan.

"Saya bicara dengannya beberapa kali. Ada beberapa topik yang didiskusikan tentang bagaimana mereka memenangkannya dan masa berikut," ujar Arteta dilansir ESPN.

1. Wenger gak pelit ilmu

Bisikan Wenger di Balik Keperkasaan ArsenalArsene Wenger (premierleague.com)

Wenger tak pelit ilmu. Kepada mantan anak asuhnya itu, The Professor bahkan memberikan resep rahasia tentang bagaimana cara memperkuat mentalitas para pemain demi bisa memenangkan sejumlah laga.

"Ketika saya masih jadi pemain, Wenger juga membicarakannya. Lalu, musim ini, pada akhirnya kami bicara soal bagaimana cara memenangkan laga. Anda bisa melakukannya dalam berbagai skenario, mempertimbangkan bagaimana mereka juara," kata Arteta.

Baca Juga: Chelsea yang Tidak Menakutkan Lagi Buat Arsenal

2. Ada cara menang tipis-tipis

Bisikan Wenger di Balik Keperkasaan ArsenalArsenal melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Arteta juga mendapatkan saran dari Wenger terkait cara memenangkan laga dalam margin tipis. Menurut pria Spanyol tersebut, terkadang diperlukan cara menang dengan margin tipis demi bisa keluar dari tekanan-tekanan tertentu.

"Dia selalu membicarakannya, tentang skor yang tipis dan siapa harus muncul dalam kesempatan itu demi membuatnya terwujud," ujar Arteta.

Baca Juga: Chelsea Dibantai Arsenal, Pochettino Akui 3 Kelemahan Ini 

3. Waktunya bikin sejarah sendiri

Bisikan Wenger di Balik Keperkasaan ArsenalArsenal melawan Chelsea di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Bagi Arteta, Arsenal versi Wenger merupakan yang paling berkesan. Apalagi, mereka sempat diperkuat sejumlah pemain top seperti Patrick Vieira, Thiery Henry, hingga Robert Pires.

"Ada beberapa momen yang penting dalam sejarah klub dan saya rasa pemain menyadarinya. Sekarang, waktunya kami bikin sejarah sendiri," kata Arteta.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya