Dramatis, Arsenal Juara Community Shield Usai Bekuk ManCity

Sempat tertinggal, Arsenal akhirnya menang

Jakarta, IDN Times - Arsenal berhasil menjadi juara Community Shield. Kepastian itu didapat setelah Arsenal mengalahkan ManCity di Wembley Stadium, Minggu (6/8/2023), lewat laga yang begitu dramatis.

Laga ini berlangsung begitu intens. Babak pertama, kedua tim memainkan skema berbeda. Ketika ManCity menampilkan gaya mainnya yang taktis, Arsenal menerapkan skema serangan balik mematikan.

Sepanjang babak pertama, justru serangan-serangan The Gunners lebih menggigit ketimbang ManCity. Bahkan, pada menit 39, ManCity nyaris saja kebobolan.

Kai Havertz yang mendapat bola di dalam kotak penalti, melepaskan tembakan ke gawang ManCity. Beruntung, eksekusi Havertz masih bisa diblok kiper ManCity, Stefan Ortega. Hingga akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Paruh kedua, ManCity mencoba melakukan sejumlah perubahan. Erling Braut Haaland yang mati kutu di babak pertama ditarik. Manajer Pep Guardiola memasukkan Cole Palmer demi menciptakan fluiditas di lini depan ManCity.

Keputusan Guardiola tepat. Sebab, kehadiran Palmer mampu memecah konsentrasi lini belakang Arsenal. Dengan semakin banyaknya kombinasi dan aksi individu, pertahanan Arsenal jadi goyah.

Akhirnya, kebuntuan pecah di menit 77. Palmer sukses menjebol gawang Aaron Ramsdale lewat sepakan melengkungnya yang fantastis.

Usai gol ini, ManCity semakin percaya diri. Mereka terus menekan pertahanan Arsenal di sisa waktu yang ada demi menambah gol.

Sementara, Arsenal memasukkan sejumlah pemain dengan naluri menyerang. Drama tersaji di masa injury time. Sepakan Leandro Trossard membentur tubuh Manuel Akanji. Akhirnya, gol tercipta dan laga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Momen buat Arsenal tercipta di sini. Kevin De Bruyne gagal menunaikan tugasnya karena bola hasil eksekusi membentur mistar gawang. Sementara, para eksekutor Arsenal dengan tenangnya menceploskan bola ke gawang Stefan Ortega.

Eksekusi Rodrigo juga gagal karena dimentahkan oleh Ramsdale. Fabio Vieira yang menjadi algojo terakhir Arsenal, berhasil menunaikan tugasnya. Arsenal menang 4-1 (1-1) lewat adu penalti dan jadi juara Community Shield.

Baca Juga: Guardiola Soroti Belanja Besar Arsenal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya