Efek Domino Lionel Messi Gak Main di Hong Kong

Messi cuma duduk di bench saat di Hong Kong

Jakarta, IDN Times - Gagalnya Lionel Messi tampil saat uji coba Inter Miami kontra Hong Kong XI, 4 Februari 2024 lalu, memunculkan efek domino. Tak cuma memunculkan kerugian material, tapi juga ada efek teknis yang dirasakan hingga China.

Secara materi, promotor laga, Tatler XFEST, mengaku mengalami kerugian sampai lima juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp77,9 miliar. Angka itu muncul setelah mereka menawarkan refund tiket hingga 50 persen kepada fans yang hadir.

"Aspirasi kami adalah menciptakan momen tak terlupakan, untuk mengingatkan dunia bagaimana menariknya Hong Kong. Mimpi itu musnah buat semua yang membeli tiket demi melihat Messi main," begitu pernyataan Tatler dilansir Irish Times.

Baca Juga: Messi Nyaris Pulang ke Barcelona Sebelum Gabung Inter Miami

1. Efek lainnya muncul, uji coba batal

Efek Domino Lionel Messi Gak Main di Hong KongLionel Messi di Inter Miami (https://www.fifa.com/)

Efek lainnya ternyata masih ada. Menariknya, itu muncul di China, bukan Hong Kong. Otoritas Sepak bola Beijing (BFA) pada akhirnya memutuskan untuk membatalkan laga antara Argentina kontra Nigeria di Hangzhou dan Pantai Gading di Beijing, yang digelar sepanjang jeda internasional 18 hingga 26 Februari 2024.

Mereka memutuskan main aman dan tidak jadi menggelar dua duel itu karena khawatir Messi gagal mentas. Padahal, sebelumnya Messi sudah sempat berlaga di China pula kala Argentina jumpa Australia, musim panas 2023 lalu.

"Beijing tak punya rencana, sementara ini, untuk menggelar laga yang melibatkan Lionel Messi," begitu pernyataan resmi dari BFA.

2. Messi cedera

Efek Domino Lionel Messi Gak Main di Hong KongLionel Messi (mlssoccer.com)

La Pulga menjelaskan alasannya tak main dalam duel kontra Hong Kong XI. Sejak latihan jelang duel, Messi mengaku merasa sakit di otot aduktornya. Kondisi itu berlanjut hingga H-1 jelang laga dan pada hari pertandingan, semakin bermasalah.

"Kenyataannya, saya mengalami masalah dan sampai sekarang terasa. Sulit buat saya bermain. Saya mengerti orang-orang menunggu dan berharap ada kesempatan buat saya main di Hong Kong," kata Messi dilansir Standard.

3. Tapi, Messi main lawan Vissel Kobe

Efek Domino Lionel Messi Gak Main di Hong KongLionel Messi (mlssoccer.com)

Messi sebenarnya sempat bermain dalam duel melawan Vissel Kobe. Tak cuma Messi, Luis Suarez juga berpartisipasi dalam pertandingan itu.

Tentunya, hal tersebut menimbulkan pertanyaan publik, mengapa Messi mau main di Jepang, meski sebelumnya sudah menyatakan cedera.

Baca Juga: Messi Minta Maaf ke Fans di Hong Kong Gegara Cuma Duduk di Bench

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya