Guardiola Akui Blunder saat ManCity Kalah dari MU

ManCity gagal cetak rekor di Piala FA

Jakarta, IDN Times - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, buka suara soal kekalahan timnya dari Manchester United dalam final Piala FA di Wembley Stadium, Sabtu (25/5/2024). Guardiola mengakui sempat melakukan blunder kala meramu taktik untuk laga tersebut.

Taktik di babak pertama, menurut Guardiola, tak berjalan lancar. ManCity memang dominan, namun selalu susah buat mengakhiri peluang di depan gawang. Hingga akhirnya, ManCity kena hukum MU dengan dua gol Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo.

"Saya rasa, rencana di babak pertama tak bagus," ujar Guardiola dilansir Metro.

1. Perubahan drastis di babak kedua

Guardiola Akui Blunder saat ManCity Kalah dari MUPep Guardiola (premierleague.com)

Guardiola melakukan perubahan di babak kedua dengan memasukkan Jeremy Doku demi meningkatkan intensitas serangan. Masuknya Doku memang berhasil membuat permainan ManCity jadi lebih dinamis dan tajam.

"Permainan jadi lebih intens di babak kedua, selain kami sudah tertinggal dua gol dan itulah yang memang terjadi ketika dalam posisi terjepit, harus melangkah," kata Guardiola.

Baca Juga: Manchester United Juara Piala FA Usai Bekuk ManCity

2. Eror jadi pembeda

Guardiola Akui Blunder saat ManCity Kalah dari MUAlejandro Garnacho (manutd.com)

Laga melawan MU, menurut Guardiola, sebenarnya berjalan ketat. Eror yang dilakukan Josko Gvardiol dan Stefan Ortega begitu disayangkan Guardiola. Namun, buat gol kedua, pria Spanyol itu menilai semua karena kualitas MU.

Set play yang dimainkan MU dalam menciptakan gol kedua begitu manis dan teratur. Sementara, ManCity terlambat dalam melakukan transisi.

"Taktik tak berjalan baik. Laga memang ketat, kami memberikan dengan gratis gol pertama. Yang kedua, transisi kami tak bagus. Tapi, kredit buat MU untuk gol kedua dan kualitasnya. Kami juga tak tajam saat menyerang. Itu kesalahan saya," ujar Guardiola.

3. ManCity gagal cetak rekor di Piala FA

Guardiola Akui Blunder saat ManCity Kalah dari MUManchester City melawan Manchester United di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

ManCity gagal mencatatkan rekor di Piala FA usai kalah dari MU. Mereka belum bisa menjadi klub pertama yang juara back-to-back di Piala FA setelah MU gagal melakukannya pada musim 1957/58 silam.

"Tapi, kami harus bangga dan merayakan apa yang sudah dicapai," kata eks pelatih Barcelona tersebut.

Baca Juga: Tangis Marcus Rashford Pecah Usai Antar MU Juara Piala FA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya