Indonesia Bisa Jumpa Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia

Indonesia gabung di pot empat ronde ketiga kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia masuk ke pot empat kualifikasi Piala Asia 2023. Indonesia masuk ke pot empat bersama sejumlah negara yang jadi kekuatan ketiga di Asia, seperti Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, hingga Kamboja/Guam.

Indonesia ada di pot keempat karena menjadi salah satu tim dengan peringkat FIFA terendah di kualifikasi babak ketiga. Pasukan Merah Putih memang masih kalah dari dua negara tetangga, Malaysia dan Singapura, yang masuk ke pot ketiga.

1. Bisa jumpa lawan berat

Indonesia Bisa Jumpa Lawan Berat di Kualifikasi Piala AsiaTimnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. (pssi.org)

Dengan peta seperti ini, Indonesia bisa saja jumpa dengan lawan berat di ronde ketiga kualifikasi Piala Asia. Sebab, di pot satu hingga tiga, sejumlah negara kuat berkumpul.

Pot satu saja, ada Uzbekistan, Bahrain, Yordania, hingga Kyrgyzstan. Kemudian, di pot dua ada Kuwait hingga Tajikistan. Paling dekat, pot ketiga ada Yaman dan Afghanistan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia Usai Bekuk Taiwan

2. Impresif lawan Taiwan

Indonesia Bisa Jumpa Lawan Berat di Kualifikasi Piala AsiaTimnas Indonesia di Laga lawan Taiwan. (pssi.org)

Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia usai membantai Taiwan dalam dua leg. Pasukan Merah Putih menang dengan skor agregat 5-1.

Pada leg pertama, Indonesia memang hanya menang tipis, 2-1. Namun, leg kedua berakhir dengan pesta buat Indonesia. Sebab, Taiwan dipermak tiga gol tanpa balas.

3. Harapan baru

Indonesia Bisa Jumpa Lawan Berat di Kualifikasi Piala AsiaPemain Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, saat mencetak gol ke gawang Taiwan, Jumat (7/10/2021) / Dokumentasi PSSI

Kelolosan ini disyukuri oleh pelatih Indonesia, Shin Tae Yong. Menurutnya, kemenangan atas Taiwan jadi bukti kalau hasrat para pemain Indonesia main di Piala Asia begitu tinggi.

"Tentu, sangat senang karena para pemain berlaga begitu bersemangat. Jika ada kemauan tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti lebih berkembang," ujar Shin usai laga.

Baca Juga: [BREAKING] Indonesia Bekuk Taiwan Tiga Angka Tanpa Balas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya