INFOGRAFIS: 3 Duel Penentu Final Piala Dunia Argentina Vs Prancis

Ketiga duel individu ini bisa menentukan hasil laga

Jakarta, IDN Times - Partai Argentina versus Prancis di Lusail Iconic Stadium dalam final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022), dipastikan berlangsung menarik. Kedua tim memiliki tujuan serupa, yakni mengejar gelar juara ketiganya di Piala Dunia 2022.

Menilik kekuatan tim, Argentina dan Prancis memiliki kedalaman yang begitu seimbang. Baik Argentina dan Prancis sama-sama dijejali pemain berkualitas.

Namun, setidaknya ada tiga duel individu yang akan menjadi penentu dalam pertandingan nanti. Berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Lionel Messi versus Kylian Mbappe

INFOGRAFIS: 3 Duel Penentu Final Piala Dunia Argentina Vs PrancisInfografis duel Lionel Messi versus Kylian Mbappe (IDN Times / Aditya Pratama)

Duel Lionel Messi versus Kylian Mbappe menjadi sorotan utama dalam Argentina versus Prancis. Sebab, ini menjadi pertarungan dari dua generasi berbeda.

Sebelum laga, Mbappe menyatakan kalau era Cristiano Ronaldo dan Messi sudah waktunya berakhir.

"Seperti yang Anda bilang, waktunya era baru. Carilah orang baru," kata Mbappe beberapa waktu lalu dikutip Daily Mirror.

Sejauh ini, Messi dan Mbappe masih mengoleksi jumlah gol yang sama, lima. Keduanya berbagi tahta klasemen top scorer sementara.

Bisa dibilang, dalam duel nanti akan menjadi penentu siapa yang akan meraih golden boots. Tapi, Messi lebih cermat dan kreatif dengan melepaskan tiga assist buat Argentina.

Baca Juga: 3 Fakta Jelang Duel Argentina Lawan Prancis di Final Piala Dunia 2022

2. Julian Alvarez versus Olivier Giroud

INFOGRAFIS: 3 Duel Penentu Final Piala Dunia Argentina Vs PrancisInfografis duel Julian Alvarez versus Olivier Giroud (IDN Times / Aditya Pratama)

Secara mengejutkan, Julian Alvarez menjelma menjadi protagonis lain di Argentina. Ibarat Messi merupakan Batman, maka Alvarez adalah Robin di Argentina.

Laga semifinal melawan Kroasia, menjadi panggung buat Alvarez. Lewat duel itu, Alvarez menciptakan brace dan membuatnya bersaing dalam perebutan golden boot Piala Dunia 2022, karena mengoleksi empat gol.

Torehan itu membuatnya menempel Olivier Giroud di posisi kedua top scorer sementara Piala Dunia 2022.

Yang membedakan Alvarez dengan Giroud adalah efektivitas. Itu terbukti dari rasio tembakan dan yang mengarah ke gawang.

Alvarez melepaskan 10 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang, dan empat berujung gol. Sementara, Giroud melepaskan 16 tembakan, enam di antaranya mengarah ke gawang, dan empat menjadi gol.

Baca Juga: 4 Calon Pembeda di Final Piala Dunia 2022 Argentina Lawan Prancis

3. Emiliano Martinez versus Hugo Lloris

INFOGRAFIS: 3 Duel Penentu Final Piala Dunia Argentina Vs PrancisInfografis Emiliano Martinez versus Hugo Lloris (IDN Times / Aditya Pratama)

Ini menjadi duel kunci lain di Argentina versus Prancis. Ada peluang, laga memasuki adu penalti di final nanti.

Dengan begitu, tentunya peran dari Lloris dan Martinez akan sangat penting. Hanya saja, Lloris punya catatan yang kurang bagus dalam urusan penalti ketimbang Martinez di Piala Dunia 2022.

Memang, Prancis belum pernah melakoni adu penalti. Tapi, Lloris sudah kebobolan dua kali lewat penalti, yakni lewat Robert Lewandowski dan Harry Kane.

Sementara, Martinez sudah menepis dua tendangan dari titik putih, ketika memblok sepakan Virgil van Dijk dan Steven Berghuis.

Secara clean sheet, Lloris juga kalah dari Martinez, karena baru mencatatkan sekali. Sedangkan, Martinez sudah empat kali clean sheets.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya