Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bisa Gabung Grup Maut

Bisa ketemu Vietnam, lagi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berpotensi gabung ke Grup F jika mampu melewati adangan Brunei Darussalam dalam ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Andai menang atas Brunei, mereka harus berjumpa dengan dua negara ASEAN lainnya.

Adalah Vietnam serta Filipina yang bisa jadi lawan Indonesia di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia. Sementara, satu tim lainnya adalah Irak.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jumpa Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Sempat bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bisa Gabung Grup MautPesepak bola Timnas Indonesia U-22 Sananta (kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola Timnas Lebanon U-22 Abdul Razzak (kanan) dalam pertandingan Internasional Friendly Match di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/4/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Ini bisa menjadi deja vu buat Indonesia. Sebab, pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 silam, Pasukan Garuda juga sempat jumpa Vietnam di babak kedua.

Bedanya, dua lawan lainnya adalah Malaysia serta Uni Emirat Arab. Hasil minor pun didulang Indonesia kala itu, karena jadi juru kunci.

2. Indonesia dijagokan lolos ke putaran kedua

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bisa Gabung Grup MautPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Lapangan ABC Senayan, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Tino).

Hitungan di atas kertas, Indonesia sebenarnya tak akan kesulitan buat mengatasi Brunei. Head to head berbicara demikian.

Dari empat laga sebelumnya, Indonesia selalu menang. Menariknya lagi, Indonesia mencetak 18 gol ke gawang Brunei, termasuk di pertemuan terakhir pada Piala AFF 2022 menang tujuh gol tanpa balas. Pun, Indonesia tak kebobolan di empat laga tersebut.

Indonesia akan menjamu Brunei di kandang pada 12 Oktober 2023. Berselang lima hari, giliran Indonesia yang bertandang ke Brunei.

3. Posisi dua besar paling masuk akal

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bisa Gabung Grup MautTimnas Indonesia ditahan imbang 0-0 Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (14/6/2023). (Dok. PSSI).

Demi bisa lolos ke ronde ketiga, Indonesia setidaknya harus finis di dua besar dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mempertimbangkan kekuatan sekarang, agaknya posisi runner up paling masuk akal buat Indonesia.

Kalau itu terjadi, Indonesia akan main di ronde ketiga yang berisi enam tim untuk tampil dalam sistem round robin.

Baca Juga: FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya