Manajer Spurs Akui VAR Masih Hadirkan Kontroversi

Wasit dan VAR di laga Spurs vs Liverpool jadi sorotan

Jakarta, IDN Times - Manajer Tottenham Hotspur, Ange Postecoglou, buka suara soal kontroversi yang menyelimuti dalam kemenangan atas Liverpool, Sabtu (30/9/2023). Postecoglou juga mengakui kalau VAR bekerja tak semestinya

Memang, sejak awal, Postecoglou bukan salah satu manajer yang mendukung kehadiran VAR. Sebab, menurutnya VAR bisa mengubah esensi dari drama sepak bola.

"Saya orang yang bicara bukan fans dari teknologi ini sejak lama. Buat alasan lain, memang kompleks dalam setiap laga. Tapi, saya bisa melihat alasan kenapa teknologi macam ini hadir," ujar Postecoglou dilansir Football London.

Baca Juga: Liverpool Apes, PGMOL Akui Gol Luis Diaz Harusnya Sah

1. VAR sedang jadi sasaran tembak

Manajer Spurs Akui VAR Masih Hadirkan KontroversiPotret duel Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/9/2023). (premierleague.com).

VAR kini menjadi sasaran tembak dari seluruh pihak ketika Liverpool gagal mendapatkan gol akibat Luis Diaz dianggap offside. Belakangan, Asosiasi Perangkat Pertandingan Inggris (PGMOL) mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada Liverpool atas insiden tersebut.

"Saya rasa orang-orang salah konsep soal VAR yang bebas dari kesalahan. Masih ada campur tangan manusia, dan penuh interpretasi. Mereka pasti bikin kesalahan, sama seperti manajer, pemain," kata Postecoglou.

2. Jangan gantungkan harapan dengan VAR

Manajer Spurs Akui VAR Masih Hadirkan KontroversiAnge Postecoglou (Twitter.com/SpursOfficial)

Makanya, pria Australia itu meminta agar publik tak terlalu menggantungkan harapan terhadap VAR. Sebab, masih ada potensi untuk VAR menghadirkan kontroversi seperti yang terjadi di laga Spurs versus Liverpool di Tottenham Hotspur Stadium.

"Jika orang-orang berpikir VAR akan menjaadi hal yang sempurna, pasti tak terjadi," kata Poctecoglou.

3. Setuju Curtis Jones diusir wasit

Manajer Spurs Akui VAR Masih Hadirkan KontroversiCurtis Jones (instagram.com/liverpoolfc)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, setidaknya memandang ada tiga kesalahan yang dibuat wasit dan VAR dalam laga kontra Spurs. Itu termasuk dua kartu merah yang keluar.

Hanya saja, Postecoglou punya pandangan tersendiri soal itu, khususnya kartu merah buat Curtis Jones usai mengganjar Yves Bissouma.

"Sulit buat saya mengomentari keputusan buat tim lawan. Tapi, yang pertama buat Biss begitu keras di engkelnya. Jadi, itu terlihat tak bagus," ujar Postecoglou.

Baca Juga: Klopp Ngamuk Usai Liverpool Kalah dalam Laga Kontroversial

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya