Momen Krusial Liga 1, 3 Tim Berebut Satu Tiket Championship Series

Madura United, PSIS, dan Dewa United, saling sikut

Jakarta, IDN Times - Liga 1 musim 2023/24 sudah memasuki momen krusial. Pada pekan depan, tiga tim dipastikan bersaing demi bisa memperebutkan tiket menuju Championship Series.

Mereka adalah Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United. Ketiganya akan beradu sikut demi bisa menemani Borneo FC, Persib Bandung, dan Bali United, yang sudah lebih dulu lolos ke Championship Series.

Baca Juga: Jalan Madura United ke Championship Series Liga 1 Tertunda

1. Tak ada yang saling bentrok

Momen Krusial Liga 1, 3 Tim Berebut Satu Tiket Championship SeriesPertandingan PSIS Semarang melawan Persikabo 1973 di laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (26/4/2024). (dok. PSIS)

Kebetulan, mereka tak ada yang saling bentrok. Mereka harus melawan tim yang berbeda dan ada dua yang harus menjalani laga sulit.

PSIS harus bertandang ke markas Persija Jakarta. Kemudian, Dewa United harus berduel dengan juara Regular Series, Borneo FC.

2. Madura United lebih bagus posisinya

Momen Krusial Liga 1, 3 Tim Berebut Satu Tiket Championship SeriesMadura United dalam laga menghadapi Dewa United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Tugas Madura United lebih mudah. Sebab, mereka harus berhadapan dengan Arema FC yang masih limbung.

Madura United juga punya posisi lebih bagus dan sementara ada di posisi empat klasemen sementara. Sebab, mereka unggul atas PSIS dan Dewa United dengan koleksi 54 poin.

Namun, Laskar Sape Kerab harus menang demi bisa lolos otomatis ke Championship Series. Sementara, PSIS dan Dewa United harus bergantung pada hasil tim lain.

Jika Madura United imbang atau kalah, maka PSIS harus menang. Dengan begitu, Laskar Mahesa Jenar bisa tembus Championship Series, terlepas apapun hasil dari Dewa United.

Sementara, Dewa United harus berharap Madura United dan PSIS kalah. Di sisi lain, mereka wajib menang atas Borneo FC. Dengan begitu Dewa United bisa lolos ke Championship Series.

Baca Juga: Sengit! Persebaya Sikat Persik 2-1 Lewat Gol Menit Akhir

3. Operator lakukan penyesuaian

Momen Krusial Liga 1, 3 Tim Berebut Satu Tiket Championship SeriesPSS Sleman kalah 2-3 lawan Dewa United pada Sabtu (20/4/2024) di Stadion Manahan Solo. (Instagram/pssleman)

Karena tensi akan tinggi, PT Liga Indonesia Baru selaku operator memutuskan untuk menggelar duel dari ketiga tim itu dalam waktu bersamaan. Hal ini dilakukan demi menghindari adanya potensi tindakan tak diinginkan.

"Tim keempat yang lolos ke Championship Series baru diketahui usai pekan terakhir Regular Series, menunjukkan persaingan di papan atas relatif ketat dan kompetitif. Untuk menjaga aspek sportivitas, kami akan menggelar pertandingan yang melibatkan tim yang masih punya peluang ke Championship Series, pada waktu bersamaan," ujar Direktur Operasional LIB, Asep Saputra, dalam pernyataannya.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya