Pangeran Jaksel di Tengah Lingkaran Kisruh Erspo

Mengaku kenal dengan Erick Thohir

Jakarta, IDN Times - Polemik mengenai Erspo, penyedia jersey untuk Timnas Indonesia, terus bergulir. Meski sudah menegaskan bakal mengubah desain dan merilisnya di Agustus 2024 nanti, ternyata jaringan bisnis Erspo terus dikuliti.

Memang, munculnya Erspo terbilang ajaib. Sebab, di awal hadirnya Erspo, publik menduga itu adalah singkatan dari Erigo Sport. Namun, belakangan Erspo ternyata berbeda dari Erigo.

Dari penelusuran IDN Times, Erspo merupakan brand lain yang didaftarkan atas nama foundernya, Muhammad Sadad, secara pribadi. Erspo bukan brand yang terdaftar sebagai salah satu anak dari PT Idea Solusi Indonesia, selaku perusahaan induk Erigo.

Sementara, menariknya lagi adalah, Erigo sudah pula mendaftarkan brand Erigo Sport. Brand tersebut didaftarkan oleh PT Idea Solusi Indonesia, perusahaan yang menjadi induk dari Erigo Apparel dengan nomor permohonan DID2023118357. Mereka mendaftarkan merek Erigo Sport pada 21 November 2023. Hingga kini, status pengajuan mereka masih "dalam proses" dan belum disetujui.

Temuan ini menjadi menarik, karena sebenarnya Sadad masih menjadi Komisaris di PT Idea Solusi dalam data dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) per 18 Oktober 2023, Sadad masih masuk jajaran Komisaris dari PT Idea Solusi Indonesia, induk Erigo. Sadad berposisi sebagai Komisaris Utama.

Hal ini menjadi aneh, lantaran Erspo merupakan merek yang baru didaftarkan pada 14 November 2023. Kemudian, perlindungannya dimulai 29 Desember 2023 dan diumumkan 3 Januari 2024.

Secara kronologis juga makin membingungkan. Sebab, Erigo diumumkan sebagai partner PSSI pada 24 Oktober 2023. Kemudian, di 22 Januari 2024, PSSI baru mengeluarkan rilis kerja sama dengan Erigo bertajuk PSSI x Erigo Sport "Moving Forward Into The Golden Era".

Keanehan lain mulai mencuat ketika dalam situs PSSI, ternyata tak ada logo Erigo sebagai official partners, melainkan Erspo yang terpampang.

Baca Juga: Cerita Bos Regarsport Ditawari Kerja Sama Erspo Buat Jersey Timnas

1. Pangeran Jaksel masuk pusaran

Pangeran Jaksel di Tengah Lingkaran Kisruh ErspoTimnas Jersey Player Issue Home 2024 (instagram.com/erspo.official)

Sederet kejanggalan itu mulai menyeret sejumlah pihak, tak cuma Sadad dan PSSI, tapi ada juga Ranggaz Ananta Laksmana. Siapa dia?

Pria yang dijuluki Pangeran Jaksel ini merupakan pengusaha muda. Pengikutnya di akun instagram mencapai 89 ribu lebih dan sudah centang biru.

Ranggaz juga menempatkan sejumlah lini usahanya di akun instagram miliknya. Dan setelah ditelusuri, benar saja ada Erspo di dalamnya.

Menariknya lagi, ternyata ada pula Taulany TV dalam "partner" yang disebutkan Ranggaz di dalam akun instagramnya. Maka, tak heran ketika peluncuran jersey Timnas keluaran Erspo ditayangkan lewat siaran langsung di akun YouTube milik Andre Taulany tersebut.

Lewat akun instagramnya pula, Ranggaz ternyata terlihat berfoto bersama sejumlah figur politik. Ada sosok Prabowo Subianto di dalamnya, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pula.

https://www.youtube.com/embed/Kk4N037t02Y

2. Mengaku kenal Erick dan main bareng anaknya

Ranggaz tak menampik kenal Erick. Bahkan, dia menyebut ayahnya merupakan salah satu orang dekat Erick di Mahaka Group.

"Kenal sama pak Erick, kebetulan bokap gue tergabung di perusahaan beliau, di Mahaka Group. Sudah lama, dari SD. Memang, gue main dengan anak-anaknya beliau. Gak cuma sekadar main lah, memang ada kerja bareng juga di Mahaka Group gitu," ujar Ranggaz dalam akun YouTube Juragan Jam Indonesia dan bisa dicek di sekitar menit 14.

Pernyataan Ranggaz di akun YouTube itu membuat korelasinya dengan Erick semakin kental. Apalagi, dalam akun instagramnya, Ranggaz juga mencantumkan Creative Intel. Ini merupakan usaha yang terafiliasi dengan Mahaka X. Setelah ditelusuri lewat situs resminya, Presiden Komisaris merupakan anak Erick Thohir, Mahendra Agakhan.

3. Ranggaz Komisaris Erspo, tak ada di Erigo

Pangeran Jaksel di Tengah Lingkaran Kisruh ErspoJersey baru Timnas Indonesia dari Erspo. (Dok. Istimewa)

Terkait Erspo, Ranggaz juga mengungkapkannya dalam wawancara di YouTube Juragan Jam. Dalam video yang ditayangkan sejak 23 Maret 2024 itu, Ranggaz mengakui bergabung ke Erspo.

Masuknya Ranggaz tentu menarik perhatian. Sebab, dalam akun LinkedIn miliknya, dia merupakan Komisaris Erspo sejak Februari 2024.

"Kebetulan lagi dapat rezeki juga lah. Join juga di bisnis sports apparel, namanya Erspo. Kebetulan Erspo itu sekarang, Alhamdulillah, dapat kontrak dengan PSSI. Erspo itu jadi apparel partner untuk jersey Timnas Indonesia," kata Ranggaz pada menit 24.

Sementara, jika ditelusuri dari data yang didapat IDN Times lewat Dirjen AHU, nama Ranggaz tak tercantum di Erigo. Hanya ada Sadad, Anton Susetyo Adi Wirjono, dan Patria Adhi Pradana, selaku Komisaris.

Sadad ditopang oleh Sandy Permadi yang menjadi Direktur Utama, serta Muhammad Haris dan Hari Budiatsanoor yang menjadi Direktur. Tak secuil pun saham dari Ranggaz yang masuk di dalamnya.

Baca Juga: Erspo Siap Bikin Desain Baru Jersey Timnas, Hadir Agustus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya