Comscore Tracker

PSM Gagal ke Final Piala Menpora: Belum Dapat Rida Allah

PSM belum beruntung hingga gagal lolos ke final

Jakarta, IDN Times - PSM Makassar gagal melanjutkan sensasinya di Piala Menpora 2021. Langkah mereka terhenti di semifinal setelah takluk dari Persija Jakarta lewat babak adu penalti, 3-4 (0-0), dalam duel leg 2 di Stadion Manahan, Minggu (18/4/2021).

Laga yang terbilang menegangkan. Drama begitu panjang terjadi dalam babak tos-tosan. Namun, pada akhirnya Persija yang berhasil lolos setelah penendang terakhir PSM, Zulkifli Syukur, gagal menunaikan tugas karena eksekusinya diblok Andritany Ardhiyasa.

Baca Juga: [BREAKING] Persija Jadi Finalis Piala Menpora 2021

1. Semua soal nasib

PSM Gagal ke Final Piala Menpora: Belum Dapat Rida AllahPelatih kepala PSM Makassar Syamsuddin Batolla dalam sesi jumpa pers daring pra pertandingan Grup B Piala Menpora 2021 di Ascent Premiere Hotel and Convention Malang, Selasa 30 Maret 2021. (Dok. PSM Makassar)

Kegagalan itu ditanggapi oleh pelatih PSM, Syamsuddin Batolla. Menurutnya, kalah dalam babak adu penalti bukan karena masalah teknis.

"Tapi, ini soal keberuntungan, nasib. Kami sudah main militan. Persija tampil keras, ya kami meladeninya," tegas Syamsuddin usai laga.

2. Rida Allah masih jauh dari PSM

PSM Gagal ke Final Piala Menpora: Belum Dapat Rida AllahPelatih kepala PSM Makassar, Syamsuddin Batola (tengah) dan bek Zulkifli Syukur (kanan), dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan Grup B Piala Menpora, Minggu 21 Maret 2021. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Hal serupa dijelaskan oleh Zulkifli. Bahkan, dalam konferensi pers, Zulkifli menyebutkan kalau Juku Eja belum mendapat rida Allah untuk lolos ke final.

"Seperti yang pelatih bilang, kalau penalti urusannya keberuntungan. Kami belum dapat rida Allah, tetap saja sia-sia," ujar Zulkifli.

3. Puas bisa jadi tim kejutan

PSM Gagal ke Final Piala Menpora: Belum Dapat Rida AllahPemain PSM Makassar, Adji Kurniawan berusaha melewati bek Persija Jakarta, Otavio Dutra di Stadion Kanjuruhan. Instagram/psm_makassar

Meski begitu, Zulkifli begitu bersyukur PSM bisa lolos ke final. Sebab, dengan komposisi yang ada, tak banyak pihak meyakini PSM bisa lolos ke partai puncak.

Ya, di Piala Menpora, PSM tak diperkuat satu pun pemain asing. Mereka cuma mengandalkan sejumlah pemain senior seperti Patrich Wanggai, Zulkifli, Zulham Zamrun, Hasim Kipuw, dan Rasyid Bakrie.

Sisanya adalah pemain muda dan terbilang begitu minim pengalaman. Tapi, para pemain muda ini mampu tampil memukau.

"Jadi pencapaian luar biasa, mengingat materi pemain yang kami miliki," jelas Zulkifli.

 

Baca Juga: Man of the Match Persija vs PSM: Kartu Kuning!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya