Comscore Tracker

Skenario Jerman Demi Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022

Tak ada opsi lain buat Jerman, harus menang!

Jakarta, IDN Times - Jerman masih punya peluang buat lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Asa itu muncul ketika Jerman sukses menahan imbang Spanyol di Al Bayt Stadium, Senin dini hari WIB (28/11/2022).

Hasil imbang 1-1, membuat Jerman kini mengumpulkan satu poin. Meski masih terbenam di dasar klasemen Grup E, pada dasarnya Jerman memiliki kans buat lolos ke fase gugur dengan berbagai catatan.

Lantas, bagaimana skenarionya? Mari kita ulas.

Baca Juga: Klasemen Grup E Piala Dunia 2022: Jerman Masih Punya Harapan

1. Harus menang

Skenario Jerman Demi Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Striker Jerman, Niclas Fuellkrug, usai jebol gawang Spanyol di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Tak ada opsi lain, Jerman harus menang di laga pamungkas penyisihan Grup E melawan Kosta Rika yang digelar pada 2 Desember 2022. Dengan menang atas Kosta Rika, Jerman punya peluang lolos.

Loh kok masih ada kata "peluang"? Memang, kemenangan tak cukup buat Jerman untuk lolos.

Setidaknya, Jerman menang atas Kosta Rika dengan margin tiga gol. Itu menjadi cara teraman buat Der Panzer lolos ke fase gugur, karena memang selisih gol jadi penentu dalam posisi di klasemen.

2. Bergantung hasil Spanyol versus Jepang

Skenario Jerman Demi Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Gol penyeimbang Jerman yang dicetak Niclas Fuellkrug ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Jerman bisa saja lolos dengan hanya menang 1-0 atas Kosta Rika. Catatannya, Spanyol bisa mengalahkan Jepang.

Kalau kondisi itu terjadi, maka poin Jerman akan menjadi empat dan unggul atas Jepang serta Kosta Rika. Namun, skenario ini belum tentu berjalan mulus.

Apa yang dilakukan Jepang kepada Jerman, bukan tak mungkin terulang saat melawan Spanyol. Jadi, pastinya La Furia Roja akan waspada.

Nah, kalau Spanyol versus Jepang berakhir imbang dan Jerman menang, maka selisih gol akan jadi penentu. Makanya, lebih aman buat Jerman menang dengan margin tiga gol atas Kosta Rika supaya dalam tak kesulitan dalam menghadapi situasi ini.

Baca Juga: Gol Telat Supersub Selamatkan Jerman dari Kekalahan

3. Tersingkir dengan cara ini

Skenario Jerman Demi Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Jerman ungguli Timnas Jepang pada babak pertama di pertandingan Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022). (twitter/DFB_Team_EN).

Jerman akan tersingkir dari Piala Dunia jika gagal menaklukkan Kosta Rika. Apapun hasil yang dituai Spanyol saat melawan Jepang, tak akan ada artinya buat Jerman, kalau gagal menaklukkan Kosta Rika.

Hanya main imbang, sedangkan Spanyol dan Jepang mendulang hasil serupa, maka Jerman akan tersingkir. Dalam kondisi ini, Spanyol dan Jepang yang akan melaju. Jepang berhak menemani Spanyol, karena selisih golnya lebih baik ketimbang Kosta Rika.

Andai Kosta Rika dan Jepang menang, ini akan menjadi menarik. Sebab, dengan situasi itu Jerman dan Spanyol tersingkir.

Tapi, agak sulit jika melihat kualitas Kosta Rika yang timpang dengan Jerman. Di atas kertas, Jerman seharusnya bisa mengalahkan Kosta Rika dengan mudah.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya