Timnas Indonesia U-22 dalam Angka

Timnas U-22 akhirnya juara!

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-22 berhasil menyabet medali emas SEA Games 2023, Kamboja. Kepastian itu diraih setelah Timnas U-22 sukses mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam final yang digelar di National Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023).

Dalam duel itu, Timnas U-22 berhasil keluar dari lubang jarum. Mereka sempat dibuat jantungan ketika Thailand berhasil menyamakan skor pada masa injury time babak kedua lewat aksi Yotsakon Burapha.

Tapi, pada akhirnya Timnas U-22 bisa bangkit di masa perpanjangan waktu. Mereka berhasil mencuri gol cepat lewat Irfan Jauhari dan memperlebar keunggulan melalui aksi dari Fajar Fathur Rachman dan Beckham Putra.

Setelah mengulas perjalanan Timnas U-22, mari kita simak kisahnya dalam angka.

1. Kokoh dengan 1+2+2

Timnas Indonesia U-22 dalam AngkaBek Timnas Indonesia U-22, Muhammad Ferarri, usai cetak gol ke gawang Vietnam (Dokumentasi PSSI)

Sadarkah kamu? Sepanjang perjalanan menuju gelar juara, Timnas U-22 selalu lekat dengan angka dua.

Ya, di semifinal hingga final, Timnas U-22 selalu menang setelah kebobolan dua kali. Saat mengalahkan Vietnam, mereka menang dengan skor 3-2.

Pun, kala memastikan medali emas, Timnas U-22 kebobolan dua kali. Pada akhirnya, mereka mampu menang dengan skor 5-2. Total, Indonesia kebobolan lima kali sepanjang SEA Games 2023. Catatan ini menjadikan Timnas U-22 sebagai tim yang memiliki pertahanan terkokoh.

Baca Juga: Cocoklogi Terjadi saat Timnas U-22 Juara Bareng Argentina dan Napoli

2. Ganas dengan 21

Timnas Indonesia U-22 dalam AngkaStriker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta, saat jebol gawang Thailand (Dokumentasi PSSI)

Selain menjadi tim dengan pertahanan terkokoh, Timnas U-22 juga merupakan yang paling produktif sepanjang SEA Games 2023. Mereka mampu memproduksi 21 gol sepanjang turnamen.

Sebanyak 13 gol digelontorkan Timnas U-22 di penyisihan grup. Selanjutnya, pada semifinal, Garuda Muda memberondong gawang Vietnam tiga kali. Puncaknya, pada partai final, Timnas U-22 mampu membobol gawang Thailand lima kali.

3. Sembilan berbeda

Timnas Indonesia U-22 dalam AngkaStriker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta, saat jebol gawang Thailand (Dokumentasi PSSI)

Sebanyak 21 gol yang diciptakan Timnas U-22 di SEA Games 2023 lahir dari sembilan pemain berbeda. Menariknya, hanya tiga dari mereka yang menciptakan satu gol sepanjang turnamen.

Mereka yang hanya menciptakan satu gol adalah Komang Teguh, Muhammad Ferarri, dan Muhammad Taufany. Sementara, ada empat pemain Timnas U-22 yang sukses menciptakan dua gol di sepanjang turnamen ini, seperti Beckham Putra, Irfan Jauhari, Marselino Ferdinan, dan Titan Agung.

Menariknya, dalam perburuan top scorer, striker Indonesia, Ramadhan Sananta, harus berbagi tempat dengan rekannya, Fajar Fathur Rachman. Keduanya sama-sama mencetak lima gol sepanjang SEA Games 2023.

4. Gelar ketiga

Timnas Indonesia U-22 dalam AngkaTimnas U-22 lawan Kamboja di SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Emas SEA Games 2023 menjadi gelar ketiga buat Indonesia di ajang multievent terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Indonesia harus menunggu selama 32 tahun demi bisa meraihnya.

Ya, terakhir kali Indonesia merebut emas di SEA Games pada 1991 silam. Kala itu, Indonesia dipimpin pelatih Anatoli Polosin dan kapten Ferril Raymond Hattu.

Thailand tetap menjadi peraih emas terbanyak di sepak bola SEA Games. Mereka telah merebut 16 keping emas sepanjang sejarah turnamen multievent tersebut.

Baca Juga: Perjalanan Timnas U-22 Raih Emas SEA Games 2023: Tak Pernah Kalah!  

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya