Timnas U-23 Berjaya, Qatar Merana Akibat VAR

Qavar jadi perbincangan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 pada akhirnya tersenyum. Aksi heroik para pemain berhasil membawa Timnas U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menang secara dramatis atas Korea Selatan dengan skor 11-10 (2-2) dalam perempat final yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari WIB (26/4/2024).

Catatan ini membawa Timnas U-23 pada sejarah baru. Dalam debut di Piala Asia U-23, Garuda Muda langsung masuk ke semifinal dan membuka peluang lolos ke Olimpiade 2024, Paris.

Saat Timnas U-23 berpesta, Qatar yang sempat jadi pengganjal di fase grup malah merana. Mereka dibekap Jepang dengan skor mencolok, 4-2.

Kekalahan Qatar terasa begitu menyakitkan karena pada akhirnya tersandung oleh tinjauan ulang video assistant referee (VAR) saat kalah dari Jepang. Bencana buat Qatar terjadi di menit 41, saat kedudukan masih 1-1.

Ketika itu, kiper Qatar, Yousef Abdulrahman Baliadeh, bertindak usil dengan melepaskan tendangan ke arah pemain Jepang saat hendak melakukan sundulan.

Mengira wasit dan VAR tak melihat aksinya, Yousef ternyata salah. Wasit berkomunikasi dengan para perangkat VAR dan melihat ulang aksi Yousef. Setelah ditinjau lebih lanjut, Yousef ternyata terlihat sengaja menendang pemain Jepang dan langsung dikartu merah.

Meski begitu, Qatar sempat unggul usai Jassem Gaber Abdulsalam cetak gol di menit 49. Hanya saja, Jepang bangkit dan membalas gol Jassem tiga kali lewat Seiji Kimura, Mao Hosoya, dan Kotaro Uchino. Lewat gelontoran tiga gol itu, Jepang menang dengan skor 4-2.

Kekalahan ini membuat Qatar menjadi olok-olok di media sosial. Topik Qavar trending di media sosial X dan terus diejek oleh sejumlah fans, terutama dari Indonesia. Semakin manis, karena Timnas U-23 yang dianggap sempat jadi korban kontroversi Qatar malah lolos ke semifinal.

"The real karma Qavar!" tulis akun @timnasnyaET.

"Kasih tarian kemenangan dulu gak sih, btw Qavar tadi diajak gak mau sih wkwkwk #TimnasDay," tulis aku @aQuariots.

"Qacar sini lo tanpa wasit," begitu cuitan @EvansDW_69.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya