Timnas U-23, Waktunya Bidik Final Piala Asia dan Olimpiade

Lolos final, Timnas U-23 otomatis ke Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Kepercayaan diri PSSI meningkat usai Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Aksi heroik dari anak-anak asuh Shin Tae Yong membuat federasi merasa yakin target ke final cukup masuk akal untuk dipatok.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan target ke final bukan tak mungkin bisa dicapai. Sebab, Timnas U-23 berada dalam momentum yang tepat karena mampu bangkit di penyisihan grup usai melakoni laga penuh kontroversi melawan Qatar.

"Dalam olahraga, ada yang namanya momentum. Dan saya lihat, sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita. Kini, Timnas bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final. Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepakbola nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi," kata Erick usai laga dalam keterangannya.

Timnas U-23 memang menciptakan dongeng yang luar biasa. Berstatus debutan, Garuda Muda langsung lolos ke semifinal.

Cara mereka lolos juga patut diacungi jempol. Sebab, Timnas U-23 berhasil menang atas raksasa Asia, Korea Selatan, dalam duel melelahkan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat dini hari WIB (26/4/2024). lewat adu penalti 11-10 (2-2).

Kemenangan ini tak cuma menjadi sebuah sejarah. Timnas U-23 bisa saja lolos ke Olimpiade 2024, Paris, jika nantinya tembus final.

"Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Yang Kuasa, dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, ofisial, seluruh elemen Timnas yang bermain luar biasa, serta terus menciptakan sejarah bagi sepak bola Indonesia. Generasi emas pesepak bola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih," ujar Erick.

Baca Juga: Timnas U-23 Berjaya, Qatar Merana Akibat VAR

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya