Tisu Bersejarah Messi Dilelang, Harganya Mulai dari Rp5,9 M

Karier Messi dimulai dari kontrak di tisu kertas

Jakarta, IDN Times - Secarik tisu paling bersejarah dalam sepak bola akan dilelang di rumah lelang Bonhams, Inggris. Tisu yang memuat kontrak pertama kapten Argentina dan legenda Barcelona, Lionel Messi, tersebut bakal dijual ke publik secara daring mulai 18 hingga 27 Maret 2024.

Agen asal Argentina, Horacio Gaggioli, yang akan melelang tisu tersebut. Harga lelang, nantinya dimulai di angka 380 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp5,9 miliar. Peminat bisa langsung melempar penawaran di situs resmi Bonhams.

Baca Juga: Messi Diejek Pejabat Arab Saudi Saat Inter Miami vs Al Nassr

1. Perjanjian sederhana yang monumental buat Messi

Tisu tersebut memang memuat kontrak pertama Messi dengan Barcelona ketika usianya masih 13 tahun. Dalam kontrak yang ditandatangani pada 14 Desember 2000 itu, terdapat sebuah perjanjian sederhana dalam bahasa Spanyol yang menyatakan Messi sepakat gabung ke Barcelona.

Dalam tisu itu, terdapat tanda tangan Gaggioli, eks Direktur Olahraga Barcelona Carles Rexach, serta pelatih Josep Maria Minguella. Baru setelahnya, detail kontrak difinalisasi oleh Keluarga Messi yang diwakili ayahnya, Jorge.

2. Kehormatan buat Bonhams

Tisu Bersejarah Messi Dilelang, Harganya Mulai dari Rp5,9 MLionel Messi (instagram.com/intermiamicf)

Pihak Bonhams merasa terhormat bisa menjadi perantara dari lelang tisu berharga Messi. Ian Ehling, Kepala Kurator Bonhams New York, mengakui ini menjadi kesempatan langka yang didapat pihaknya.

"Ini adalah benda paling menarik yang pernah saya tangani. Ya, cuma tisu kertas, tapi paling terkenal yang mengangkat karier Lionel Messi. Tisu tersebut mengubah hidup Messi, masa depan Barcelona, dan menjadi instrumental bagi kebahagiaan miliaran fans sepak bola di dunia," ujar Ehling dilansir Fox Sports.

3. Barcelona minta tisu tersebut

Tisu Bersejarah Messi Dilelang, Harganya Mulai dari Rp5,9 Mpotret Joan Laporta (fcbarcelona.com)

Respons negatif atas lelang tisu Messi juga muncul. Menariknya, itu datang dari Presiden Barcelona, Joan Laporta. Menurut Laporta, sudah seharusnya pemenang lelang menyumbangkan tisu itu ke museum klub, bukan dikoleksi secara pribadi.

"Siapapun yang beli tisu Messi, sebaiknya menyerahkan ke museum klub. Kami tak akan ikut lelang," kata Laporta.

Baca Juga: Pemain Al-Hilal Selebrasi Siu Ronaldo di Depan Messi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya