Top Scorer Piala Dunia 2022: Persaingan Ketat Mbappe Vs Messi

Messi dan Mbappe berbagi tahta untuk sementara

Jakarta, IDN Times - Aksi Lionel Messi dalam duel Argentina kontra Kroasia di Lusail Iconic Stadium, Rabu dini hari WIB (14/12/2022), telah memanaskan persaingan di papan klasemen top scorer Piala Dunia 2022. Karena satu golnya ke gawang Kroasia, Messi kini menekan kompatriotnya, Kylian Mbappe di puncak klasemen top scorer.

Gol dari titik putih di laga lawan Kroasia telah membuat Messi mengoleksi lima gol. Jumlah itu sama dengan yang dicetak Mbappe bersama Prancis.

Dengan demikian, Messi dan Mbappe kini berbagi tahta di klasemen top scorer Piala Dunia 2022. Bukan tak mungkin Messi ditinggal Mbappe, karena Prancis baru main pada Kamis dini hari nanti (15/12/2022), melawan Maroko.

Baca Juga: Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs Kroasia

1. Ketimbang Mbappe, Messi lebih sering cetak gol lewat penalti

Top Scorer Piala Dunia 2022: Persaingan Ketat Mbappe Vs MessiMegabintang Argentina, Lionel Messi, saat tampil melawan Belanda di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Tapi, ada perbedaan antara Messi dan Mbappe yang membuat persaingan top scorer bisa mengerucut ke satu nama. Mbappe, bukan tak mungkin dinobatkan sebagai peraih golden boot, jika torehan gol dari seluruh kandidat tak berubah.

Sebab, gol Mbappe dari open play lebih banyak ketimbang Messi. Dalam perhitungan top scorer, skema yang melatarbelakangi gol, bisa menjadi penentu siapa peraihnya.

2. Julian Alvarez melesat

Top Scorer Piala Dunia 2022: Persaingan Ketat Mbappe Vs MessiAksi Julian Alvarez bersama Argentina di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Bukan hanya Messi yang menekan Mbappe di papan klasemen top scorer. Julian Alvarez kini bersaing pula demi mendapatkan golden boot Piala Dunia 2022.

Torehan golnya sama dengan striker Prancis lainnya, Olivier Giroud, yakni empat. Tentu, hal itu membuat persaingan di papan top scorer begitu ketat.

3. Messi juga bersaing di top assist

Top Scorer Piala Dunia 2022: Persaingan Ketat Mbappe Vs MessiKapten Argentina, Lionel Messi, di laga melawan Meksiko dalam Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup_es)

Messi tak hanya bersaing dengan Mbappe menjadi top scorer sementara Piala Dunia 2022. Dia juga harus adu sikut dengan Antoine Griezmann dalam urusan top assist.

Baik Messi dan Griezmann saat ini sama-sama mengoleksi tiga assist. Sama dengan Mbappe, Griezmann berpeluang buat cetak assist ke rekannya saat lawan Maroko.

Berikut daftar lengkap top scorer Piala Dunia 2022 (sesuai dengan pemain yang masih aktif berlaga):

Top scorer

5 Gol
- Kylian Mbappe / Prancis
- Lionel Messi / Argentina (2 penalti)

4 Gol
- Julian Alvarez / Argentina
- Olivier Giroud / Prancis

Top assist

3 Assist
- Lionel Messi / Argentina
- Antoine Griezmann / Prancis

2 Assist
- Mislav Orsic / Kroasia
- Ivan Perisic / Kroasia
- Ousmane Dembele / Prancis
- Theo Hernandez / Prancis
- Kylian Mbappe / Prancis

Baca Juga: Deretan Rekor Apik Lionel Messi Usai Argentina Bekuk Kroasia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya