5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang Masa

Ada pemain bek yang membela klubnya selama 25 tahun!

Pemain bek atau pemain bertahan merupakan peran yang paling sulit dilakukan di dalam pertandingan sepak bola. Mereka merupakan benteng yang harus menjaga daerah pertahanan agar pemain lawan tidak dapat mencetak gol.

Para bek dituntut memiliki stamina tinggi serta kemampuan menyerang dan tangguh saat bermain. Menjadi seorang bek bukan perkara yang mudah, terutama pemain bek tengah. Tidak kalah dengan posisi penyerang, pemain bek juga pantas diberi apresiasi, nih. Berikut 5 pemain bek tengah terbaik sepanjang masa yang sudah dirangkum oleh IDN Times.

1. Franz Beckenbauer

5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang MasaFranz Beckenbauer. (beinsports.com)

Pemain asal Jerman ini berada dalam posisi puncak pemain bek terbaik sepanjang masa. Ia dijuluki sebagai ‘Sang Kaisar’ dengan segudang trofi yang dikoleksinya sepanjang karir sepak bolanya.

Beckenbauer adalah seorang pemikir ulung yang memiliki taktik penyerangan dalam mencetak gol. Tidak hanya bisa di posisi bek tengah, tetapi ia juga bisa menjadi pemain gelandang, lho.  Kejeniusan yang ia miliki membuat ia menjadi sosok yang tidak mudah dilupakan.

2. Paolo Maldini

5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang Masaskysports.com

Bersama AC Milan, Maldini memperoleh tujuh Scudetto dan lima titel Liga Champions. Sebagai pemain yang paling banyak tampil untuk timnas Italia, ia menjadi langganan tetap gelar pemain terbaik sepanjang karir sepak bolanya.

Awalnya, Maldini sempat berada di posisi bek kanan dan kiri. Kemudian pada akhirnya ia ditempatkan di posisi tengah pertahanan. Ia juga dikenal sebagai pemain AC Milan yang memiliki kesetiaan besar kepada klubnya. Maldini diketahui membela AC Milan selama 25 tahun!

3. Bobby Moore

5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang Masawhufc.com

Moore mempersembahkan trofi Piala Dunia 1966 kepada Inggris sekaligus pemain bek terbaik di sepanjang masa di Inggris. Ia merupakan pemain bek tengah yang tenang dan sering dipuji karena kemampuannya dalam membaca arah pertandingan serta bisa mengantisipasi pergerakan lawan.

Pada usia muda, yaitu 22 tahun Moore menerima ban kapten Inggris. Selain itu ia juga menjadi kapten tim senior Inggris termuda sepanjang masa.

4. Franco Baresi

5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang Masathesefootballtimes.co

Baresi menjadi pemain bek AC Milan dan menghabiskan seluruh karirnya di AC Milan dengan 532 pertandingan. Baresi telah mengoleksi 6 Scudetto, 3 Piala Eropa dan Piala Dunia 1982 meski duduk di bangku cadangan.

Ketika Baresi pensiun, AC Milan memutuskan untuk menyimpan nomor punggung 6 yang ia kenakan sebagai bentuk penghargaan yang jarang dilakukan Italia. Baresi mampu membaca taktik lawan dan menjadi sweeper terbaik, lho!

5. Lilian Thuram

5 Pemain Bek Tengah Terbaik Sepanjang MasaLilian Thuram (uefa.com)

Thuram merupakan bek tengah Prancis paling sukses dengan koleksi trofi dari empat klub di tiga negara dan dua gelar internasional bersama timnas Prancis. Thuram memiliki kemampuan membaca permainan dan menempatkan diri di lapangan yang membuatnya berbeda dari pemain bek kebanyakan.

Thuram diketahui telah tampil dalam 142 pertandingan untuk Prancis yang menjadikannya sebagai pemain yang paling sering diturunkan. Selain itu ia juga pernah membela Parma dan Juventus.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022

Itulah 5 pemain bek tengah terbaik sepanjang masa. Favorit kalian yang mana nih?

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya