Comscore Tracker

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredup

Di antaranya banyak pemain MU! 

Bermain di klub besar memang bukan penentu karier seseorang bisa bersinar, bahkan untuk pemain yang terkenal hebat sekalipun. Perbedaan gaya bermain, hubungan yang kurang akrab dengan rekan setim, hingga perseteruan dengan pelatih biasanya menjadi alasan kegagalan seorang pemain hebat dalam memaksimalkan kemampuannya.

Kejadian ini pun pernah menimpa beberapa pemain kelas dunia yang semula populer karena skill permainannya yang ditakuti lawan, justru melemah sejak pindah ke klub ternama. Berikut enam pemain hebat tersebut.

1. Zlatan Ibrahimovic

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredupbarcablaugranes.com

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada bursa transfer musim panas 2009, Ibrahimovic direkrut oleh salah satu raksasa Spanyol, Barcelona, dari Inter Milan. Penyerang hebat asal Swedia ini bahkan dibeli dengan harga fantastis senilai £56,5 juta yang menjadikannya sebagai pemain termahal kedua sepanjang sejarah saat itu.

Namun faktanya, dengan harga tinggi yang digelontorkan Barca, Ibra gagal menampilkan performa terbaiknya. Dari 29 pertandingan yang digelutinya bersama Barca, ia hanya berhasil mencetak 16 gol, prestasi yang dianggap kurang dan bagi pemain sekelas dirinya.

Hanya bertahan setahun, Ibra kemudian dipinjamkan ke AC Milan di musim 2010-2011 dan dibeli secara permanen oleh i Rossoneri pada tahun 2011.

2. Angel Di Maria

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredupthesun.co.uk

Saat masih berseragam Real Madrid, Angel Di Maria menjadi gelandang penting yang punya pengaruh besar bagi kesuksesan El Real. Ia sering memberikan assist brilian dan juga mencetak gol penting di berbagai laga Los Galacticos.

Namun sejak bertandang ke Old Trafford 2014 lalu, performa Di Maria justru berubah drastis. Kabarnya, gelandang 31 tahun itu sering dipindah posisikan sehingga membuat ia kurang nyaman dan berujung pada penurunan performanya. Ia pun membenarkan perselisihan dengan sang pelatih Louis Van Gaal karena gaya kepelatihannya yang dinilai kurang memuaskan Di Maria.

Terpuruk setahun bersama MU, kini Di Maria telah bangkit dan kembali pada karier terbaiknya setelah membela PSG.

3. Radamel Falcao

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredupthenational.ae

Meski bukan hijrah secara permanen, namun kedatangan Radamel Falcao sebagai pemain pinjaman dua klub raksasa inggris, MU dan Chelsea, diharapkan bisa membawa keuntungan mengingat ia merupakan salah satu penyerang paling subur sejak membela Atletico Madrid.

Malang, nasib Falcao malah ambruk, baik di klub setan merah maupun Chelsea. Kemauan keras MU untuk memainkan Falcao yang masih dalam tahap pemulihan cedera menjadi alasan utama Falcao gagal memaksimalkan kemampuannya. Ia hanya memberikan kontribusi sebanyak 4 gol dalam 26 pertandingan MU. Dan setelah hijrah ke Chelsea pada Juli 2015, ia hanya dimainkan 10 kali dan mencetak 1 gol saja.

Baca Juga: Kolombia Tersingkir, Radamel Falcao Tuding Wasit Tidak Netral

4. Ricardo Kaka

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredupsyndication.bleacherreport.com

Jika mengulas pemain yang gagal bersinar saat hijrah ke klub ternama dunia, kita tidak bisa melupakan Ricardo Kaka. Meski kini telah pensiun, Kaka pernah meraih catatan karier yang sukses bersama AC Milan dengan meraih Scudetto 2004, Liga Champions 2007, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, serta menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA di tahun 2007.

Akan tetap saat hijrah El Real, badai cedera menghampiri Kaka dan membuat ia kurang dapat kepercayaan dari Jose Mourinho. Meski El Real sukses menyabet trofi di berbagai ajang bergengsi, tapi Kaka tidak terlalu memberikan kontribusi besar dan skill-nya kurang berkembang karena di bayang-bayangi Cristiano Ronaldo.

5. Fernando Torres

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredup90min.com

Saat berada di Atletico Madrid dan Liverpool, Torres menjadi sosok penting yang dikenal ganas di lapangan hijau. Hal serupa rupanya tak terjadi kala ia hijrah ke London Biru, di mana di setiap musimnya Torres hanya menorehkan beberapa gol saja, padahal peraih juara 3 Ballon d'Or 2008 ini di datangkan dengan harga yang sangat tinggi.

Di musim pertamanya bersama The Blues, ia hanya menorehkan satu gol, lalu di musim 2011/2012 Torres mencetak enam gol, kemudian delapan gol, dan pada 2013/2014 ia hanya mencetak lima gol. Jika di total, dari 110 pertandingannya bersama Chelsea di BPL, Torres hanya menorehkan 20 gol saja. Kalah jauh dari jumlah gol di mantan dua klub yang ia bela sebelumnya.

6. Alexis Shancez

Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredupthesun.co.uk

Terakhir ada Alexis Shancez. Saat masih bergabung dengan Arsenal, ia adalah penyerang hebat yang ditakuti lawan-lawan The Gunners. Ia juga selalu menjadi tumpuan Arsenal di depan gawang lawan dan sukses menorehkan catatan gemilang dengan mencetak 60 gol dalam 122 pertandingan.

Namun setelah di beli Manchester United Januari 2018, secara mengejutkan performa Shancez menurun cukup drastis. Ia hanya mencetak 3 gol saja di 32 pertandingannya bersama The Red Devils. Banyak yang berspekulasi bahwa Shancez tidak bahagia berada di MU, terlebih dugaan kuat perseteruannya dengan pelatih MU sebelumnya, Jose Mourinho. Ia pun akhirnya dipinjamkan ke klub Serie A, Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2019 kemarin.

Itulah beberapa pemain berkelas yang gagal bersinar setelah hijrah ke klub populer di dunia. Ternyata seberapa hebat pun seorang pesepak bola, kecocokan dan adaptasi tetap menjadi faktor penting dalam penentuan karier mereka ketika berpindah klub.

Baca Juga: Alexis Sanchez Cedera, Inter Milan Buru Oliver Giroud

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya