Belanda Jamu Belarusia Pada Kualifikasi Piala Eropa Grup C

Laga pemanasan jelang pertandingan lawan Jerman, nih!

TimOranye Belanda akan memulai pertarungannya di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan menjamu Belarusia pada pertandingan pertama, Jum'at (22/03) dini hari. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Feijenoord, Rotterdam. Belanda dan Belarusia tergabung dalam Grup C bersama dengan Estonia, Jerman dan Irlandia Utara, dimana hanya juara dan runner-up grup yang lolos ke babak final turnamen, Juni hingga Juli tahun depan.

Pertandingan menghadapi Belarusia lebih merupakan laga pemanasan bagi Belanda menjelang pertandingan sesungguhnya melawan Jerman yang dijadwalkan akan berlangsung pada matchday 2, Senin (25/03). Jerman sendiri belum akan turun bertanding pada matchday 1. Sebagai gantinya, Jerman akan melakoni laga persahabatan menghadapi Serbia.

1. Ditangani Ronald Koeman, Belanda menjelma jadi tim yang kuat

Belanda Jamu Belarusia Pada Kualifikasi Piala Eropa Grup Cknvb.com

Sejak ditangani oleh Ronald Koeman, Februari tahun lalu, Belanda menjelma menjadi tim yang kuat. Memulai debutnya di Liga Negara Eropa pada tahun 2018, Belanda tergabung di Grup A1 bersama Jerman dan Prancis. Kalah 1 - 2 dari tuan rumah Prancis pada pertandingan pertama, Belanda bangkit menundukkan Jerman 3 - 0 di laga berikutnya. 

Berikutnya, gantian menjamu Prancis, Belanda berhasil unggul 2 - 0. Terakhir, pada laga tandang, Belanda sukses memaksa tuan rumah Jerman bermain imbang 2 - 2. Belanda tampil sebagai juara Grup A1 dan akan bertanding di babak final bersama Swiss (juara Grup A2), tuan rumah Portugal (juara Grup A3) dan Inggris (juara Grup A4).

Diarsiteki oleh Ronald Koeman, Belanda telah memainkan 10 pertandingan internasional, dengan membukukan 4 kemenangan, 4 hasil imbang dan menelan 2 kekalahan. Memasukkan 16 gol dan kemasukan 9 gol.

Baca Juga: Egy dan Ezra Terpilih, Inilah 24 Pemain Timnas U-23 yang ke Vietnam

2. Rekor Pertemuan Belanda vs Belarusia

Belanda Jamu Belarusia Pada Kualifikasi Piala Eropa Grup Csoccerladuma.co.za

Belanda mencatat 6 kemenangan dan 2 kekalahan pada 8 pertandingan menghadapi Belarusia. Belanda terakhir kali mengalahkan Belarusia dengan skor 3 - 1 di laga tandang dan 4 - 1 di laga kandang, pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Belanda dan Belarusia juga tergabung dalam grup yang sama pada kualifikasi Piala Eropa 2008. Belanda unggul 3 - 0 pada laga kandang dan kalah 1 - 2 pada laga tandang.

Sebelumnya, Belanda dan Belarusia juga tergabung dalam satu grup pada kualifikasi Piala Eropa 2004. Belanda mengungguli Belarusia 3 - 0 di laga kandang dan 2 - 0 pada laga tandang. Sebelumnya lagi, Belanda dan Belarusia juga berada dalam satu grup pada kualifikasi Piala Eropa 1996. Kalah 0 - 1 di laga tandang, Belanda balik unggul 1 - 0 di laga kandang. 

3. Taburan pemain bintang di tim Belanda

Belanda Jamu Belarusia Pada Kualifikasi Piala Eropa Grup Cknvb.com

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mempercayai pemain-pemain muda cemerlang menjadi tulang punggung timnya. Penjaga gawang cadangan Barcelona, Jasper Cillessen, tentu akan jadi pilihan untuk menempati posisi bawah mistar gawang. Di barisan pertahanan, Virgil van Dijk akan berpasangan dengan Matthijs de Ligt sebagai bek tengah, didampingi oleh Daley Blind di sebelah kiri dan Denzel Dumfries di sebelah kanan.

Di barisan tengah terdapat nama-nama Frenkie de Jong, Marten de Roon, dan gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum. Sedangkan di barisan depan, terdapat penyerang Olympique Lyon, Memphis Depay didampingi oleh Ryan Babel dan striker PSV Eindhoven, Steven Bergwijn. Di samping itu masih ada nama Luuk de Jong dan penyerang Sevilla, Quincy Promes.

4. Skuat lengkap tim Belanda

Belanda Jamu Belarusia Pada Kualifikasi Piala Eropa Grup Cfootball-oranje.com

Manajer Timnas Belanda, Ronald Koeman, mengumumkan 25 orang pemain yang dipanggilnya untuk masuk dalam skuat Timnas Belanda, memulai pertarunga kualifikasi Piala Eropa di Grup C. Pemain-pemain tersebut adalah:

Penjaga Gawang: Marco Bizot (AZ), Jasper Cillessen (Barcelona), Jeroen Zoet (PSV)

Pemain Belakang: Patrick van Aanholt (Crystal Palace), Nathan Aké (AFC Bournemouth), Daley Blind (Ajax), Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (PSV), Matthijs de Ligt (Ajax), Kenny Tete (Olympique Lyon), dan Stefan de Vrij (Inter Milan).

Pemain Tengah : Donny van de Beek (Ajax), Frenkie de Jong (Ajax), Davy Pröpper (Brighton & Hove Albion), Marten de Roon (Atalanta Bergamo), Pablo Rosario (PSV), Kevin Strootman (Olympique Marseille), Tonny Vilhena (Feyenoord), dan Georginio Wijnaldum (Liverpool).

Penyerang : Ryan Babel (Fulham), Steven Berghuis (Feyenoord), Steven Bergwijn (PSV), Memphis Depay (Olympique Lyon), Luuk de Jong (PSV), dan Quincy Promes (Sevilla)

Baca Juga: Luka Modric Pimpin Skuat Kroasia di Kualifikasi Piala Eropa

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya