3 Comeback Terakhir Juventus di Liga Champions

Real Madrid kerap jadi korban

Juventus akan melakoni pertandingan leg 2 babak 16 besar Liga Champions dengan defisit 2 gol dari Atletico Madrid. Banyak pihak yang menganggap berat bagi Juventus untuk bisa membalikkan keadaan untuk lolos ke perempat final. Apalagi lawan yang dihadapi adalah Atletico Madrid yang terkenal dengan pertahanan kokohnya.

Namun data statistik menunjukkan kalau Juventus berpengalaman dalam membalikkan keadaan. Dari tahun 1968 hingga 2006, Bianconeri tercatat 8 kali melakukan comeback di Liga Champions. Tiga diantaranya memakan korban raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid. Los Blancos tercatat tersisih dari Liga Champions akibat comeback Bianconeri di musim 1995/1996, 2002/2003 dan 2005/2006.

Berikut 3 comeback terakhir Juventus di ajang Liga Champions:

1. Juventus vs Real Madrid 3-1, tahun 2003

3 Comeback Terakhir Juventus di Liga Championsgoal.com

Tahun 2003 Los Blancos datang ke Turin untuk menjalani pertandingan leg 2 babak semifinal Liga Champions musim 2002/2003. Berbekal kemenangan 2-1 di Santiago Bernabeu, Madrid cukup memaksakan hasil imbang untuk maju ke final.

Namun Juventus tampil garang sejak aal pertandingan dan langsung unggul 2-0 di babak pertama lewat gol David Trezeguet dan Alessandro Del Piero. Di babak ke-2 Juventus menambah lagi kemenangan melalui gol Pavel Nedved di menit ke-73. 

Real Madrid hanya bisa memperkecil kekalahan melalui gol Zinedine Zidane di menit ke-89. Skor akhir 3-1 untuk kemenangan Juventus dan mengantarkannya ke pertandingan final dengan agregat 4-3.

Baca Juga: Usai Kalahkan Leganes, Atletico Madrid Fokus Hadapi Juventus

2. Juventus vs Real Madrid 2-0, tahun 2005

3 Comeback Terakhir Juventus di Liga Championseurosport.com

Dua tahun kemudian, Los Blancos kembali menyambangi Turin. Kali ini pada pertandingan leg 2 babak 16 besar Liga Champions musim 2002/2003. Berbekal kemenangan 1-0 di leg 1, lagi-lagi Real Madrid hanya perlu memaksakan hasil imbang. 

Hingga 15 menit terakhir pertandingan, belum satupun gol teripta. Juventus baru bisa mencetak gol di menit ke-75 melalui David Trezeguet. Hingga waktu normal berakhir tidak ada lagi gol tercipta, pertandingan pun diteruskan dengan babak tambahan waktu. 

Pelatih kedua tim sudah bersiap-siap untuk babak adu penalti ketika Marcelo Zalayeta menaklukkan kiper Iker Casillas di menit ke-117. Juventus menyudahi pertandingan dengan skor 2-0 dan lolos ke perempat final dengan agregat 2-1.

3. Juventus vs Werder Bremen 2-1, tahun 2006

3 Comeback Terakhir Juventus di Liga Champions90min.com

Agaknya ini merupakan comeback yang paling sulit untuk dipercaya. Tanggal 8 maret 2006, Juventus menjamu Werder Bremen pada pertandingan leg 2 babak 16 besar Liga Champions musim 2005/2006. Kalah 2-3 pada laga leg 1 di Weserstadion, Bremen, Bianconeri  hanya membutuhkan kemenangan 1 gol untuk lolos ke perempat final.

Alih-alih mencetak gol kemenangan, Juventus malah kebobolan di menit ke-13 oleh gol gelandang Werder Bremen Johan Micoud. Juventus baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-65 melalui penyerangnya, David Trezeguet.

Menggempur lawan habis-habisan, Juventus masih belum mampu mencetak gol kemenangan hingga 5 menit terakhir pertandingan. Pemain-pemain Werder Bremen telah bersiap-siap merayakan keberhasilan mereka lolos ke perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Namun blunder konyol kiper Werder Bremen, Tim Wiese pada menit ke-88, menjadi malapetaka bagi Bremen dan sebaliknya berkah bagi Juventus. Mengantisipasi bola umpan lambung dari sisi kiri lapangan, Tim Wiese sebenarnya mampu menangkap bola.

Namun saat berguling, bola lepas dari pelukannya dan jatuh ke kaki Emerson. Tanpa menunda waktu, Emerson langsung menceploskan bola ke gawang. Juventus unggul 2-1. Agregat menjadi 4-4 dan Juventus lolos berkat keunggulan gol tandang.

Baca Juga: Dikaitkan dengan Juventus, Pep Guardiola Mengaku Tak Tertarik

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya