2 Cara Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Pilih tentukan nasib dari laga lain, atau berjuang sendiri?

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sempat bernapas lega karena memiliki banyak skenario untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bahkan, salah satu caranya bisa meloloskan mereka sebelum bentrok dengan Jepang pada Rabu (24/1/2024).

Itu bisa terjadi kalau Suriah atau Palestina terpeleset dalam laga pamungkasnya. Skenario Timnas Indonesia lolos sebelum melawan Jepang akhirnya gagal, karena kedua negara tersebut meraih kemenangan.

Kini, skenario lolosnya Timnas Indonesia pun menyempit. Setidaknya ada dua cara, yang bisa mengantarkan Rafael Struick dan kawan-kawan melaju ke fase gugur. Seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Berjuang dengan tangan sendiri

2 Cara Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Karena Suriah dan Palestina menang, Timnas Indonesia dipaksa berjuang sendiri untuk berebut tiket peringkat tiga terbaik. Tim besutan Shin Tae Yong punya syarat utama, yakni wajib menumbangkan Jepang di Al Thumama Stadium.

Tambahan tiga poin menjadi harga mati buat skuad Garuda karena dalam kondisi yang tidak diuntungkan untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Dengan mengalahkan Jepang, Timnas bisa dipastikan lolos sebagai runner up Grup D.  

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Duel Timnas Indonesia vs Jepang

2. Bagaimana kalau Indonesia imbang?

2 Cara Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023Potret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Iran, Selasa (9/1/2024). (pssi.org).

Timnas Indonesia sejatinya masih berpeluang lolos andai hanya mampu mencuri satu poin dari Jepang. Namun, kesempatannya begitu tipis karena Indonesia hanya memiliki tiga poin dan minus satu gol.

Skenario ini juga membuat nasib Timnas ditentukan dari laga lain. Oman tak boleh menang melawan Kyrgyzstan di laga pamungkas Grup F, sedangkan Bahrain wajib keok dari Yordania.

Terpelesetnya kedua tim tersebut bisa memberikan karpet merah kepada Indonesia untuk mengamankan posisi ketiga dari peringkat tiga terbaik.  

3. Klasemen peringkat tiga terbaik

2 Cara Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Berikut klasemen peringkat tiga terbaik sementara hingga Rabu (24/1/2024).. Dari enam tim, empat di antaranya bakal mendapat tiket ke babak 16 besar.

1. Palestina 4 poin, 0 gol
2. Suriah 4 poin, 0 gol  
3. Bahrain 3 poin, -1 gol 
4. Indonesia 3 poin, -1 gol 
5. China 2 poin, -1 gol
6. Oman 1 poin, -1 gol

Baca Juga: Pantang Anggap Remeh, Jepang Waspadai Kejutan Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya