3 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia vs Vietnam

SUGBK jadi arena tempur duel panas ini

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024). Duel yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini diprediksi akan berjalan panas.

Itu karena Timnas Indonesia dan Vietnam bak musuh bebuyutan di Asia Tenggara. Baik Pasukan Garuda dan Golden Star Warriors tentunya tidak mau kalah, demi menjaga harga diri.

Sebelum menyaksikan duel panas yang melibatkan Marselino Ferdinan dan Quang Hai Nguyen, ada baiknya menyimak fakta menarik yang menyelimuti laga ini. Berikut IDN Times sajikan faktanya buat kamu.

1. Indonesia unggul head to head, tapi tidak pernah menang telak

3 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia vs VietnamTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Menilik 11v11, laga nanti bakal menjadi pertemuan ke-29 bagi kedua tim. Seluruh pertemuan itu selalu berjalan dan berakhir dengan ketat.

Timnas unggul satu kemenangan atas Vietnam. Keunggulan itu didapat usai membungkam tim besutan Philippe Troussier dengan skor 1-0 di fase grup Piala Asia 2023, pada 19 Januari 2024 lalu.

Fakta menariknya, Timnas selalu menang tipis saat sembilan kali membungkam Vietnam. Sementara, Vietnam pernah mempermalukan Timnas, dengan skor 4-0 pada Juni 2021 lalu.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam: Ketat!

2. Perang urat saraf jadi bumbu duel Timnas vs Vietnam

3 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia vs VietnamJumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Tino)

Perang urat saraf juga menjadi bumbu dalam laga di SUGBK nanti. Mereka saling meledek satu sama lain, beberapa hari sebelum bentrok. Vietnam lebih dulu melempar psywar, dengan menyebut Timnas sebagai Belanda.

Kemudian, Timnas membalasnya dengan menyebut Vietnam ciut. Vietnam dianggap gemetar menghadapi Timnas yang sebagian pemainnya berkarier di Eropa.

3. Indonesia kehadiran pemain baru

3 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia vs VietnamLatihan Timnas Indonesia. (pssi.org)

Dalam laga nanti, Timnas kehadiran pemain baru. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On berpotensi mengukir debutnya bersama skuad Garuda.

Sebenarnya, Tim Merah-Putih juga masih memiliki amunisi lainnya, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Cukup disayangkan, mereka baru bisa debut saat bertandang ke markas Vietnam, 26 Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya